Pegawai PT Pelindo III Kembali Adukan Nasibnya ke Wagub Jatim

 

Portaltiga.com: Untuk kedua kalinya pegawai PT Pelindo III mendatangi kantor Gubernur Jawa Timur (Jatim) untuk mengadukan nasib mereka. Dengan membawa beberapa poster dan spanduk, puluhan pegawai PT Pelindo III ini lantas ditemui Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

“Aksi sudah kita lakukan beberapa kali. Kita terpaksa menemui Gus Ipul, karena aksi kita tak digubris oleh Pelindo,” kata koordinator Aliansi Buruh Jatim, Jamaluddin ketika mendampingi para pekerja Pelindo III di Kantor Gubernur Jatim, Jumat (15/4).

Dijelaskan, selama ini ada 2.900 karyawan yang sudah lolos tes prajabatan di PT Pelindo III. Seharusnya sudah diangkat karyawan, namun mereka malah dipindah tugaskan menjadi karyawan outsourcing untuk anak usaha perseroan yaitu di PT Pelindo Daya Sejahtera (PDS). “Ini sudah tidak betul,” serunya.

Pembentukan PT PDS ini, menurutnya, sebenarnya pemborosan uang negara. Sebab, karyawan yang seharusnya bisa digaji langsung PT Pelindo III, ternyata harus melalui PT PDS.

“Karenanya dalam waktu dekat ini kami juga akan laporkan kasus ini ke KPK, BPK, serta kami juga akan mendatangi Pansus Pelindo II untuk memberikan data-data ini,” kata Jamal.

Menanggapi keluhan ini, Gus Ipul mengaku akan mendesak PT Pelindo III agar mengangkat para pekerja ini menjadi karyawan tetap di PT Pelindo III. Bukan sebaliknya malah di outsourcingkan.

“Kami akan surati Pelindo III, disnaker juga sudah saya minta mengkaji masalah ketenagakerjaan ini,” kata Gus Ipul.

Terpisah, Yon Irawan, Sekretaris Perusahaan Pelindo III membantah jika pihaknya melakukan alih daya bagi para pekerja ini. Menurut dia, justru yang dilakukan Pelindo III saat ini adalah mengangkat karyawan tetap dengan gaji diatas Rp 5 juta.

“PT PDS merupakan anak usaha di bidang pengelolaan SDM untuk mendukung operasional Pelindo III, mereka ini diangkat karyawan tetap,” ujarnya. (Bmw)

JOIN THE DISCUSSION