PDIP Jatim Kirim Relawan Bantu Pengungsi Gunung Agung Bali

26/09/2017
100 Views

Portaltiga.com – DPD PDI Perjuangan Jatim melalui Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Jatim mengirimkan tim relawan untuk membantu warga Bali yang menjadi korban meletusnya Gunung Agung sehingga mereka harus mengungsi demi keamanan.

“Malam ini kami berangkatkan tiga mobil ambulans bersama 15 orang relawan dari Baguna DPD PDI Perjuangan Jatim untuk membantu warga korban meletusnya Gunung Agung Bali selama dua Minggu,” ujar Sekretaris DPD PDIP Perjuangan, Sri Untari saat ditemui di kantor DPD PDI Perjuangan Jatim, Selasa (26/9/2017).

Selain relawan, kata Untari Baguna Jatim juga membawa kebutuhan obat-obatan, 300 ribu masker, 2 dokter dan paramedis, tenda, dapur umum dan bahan makanan. “Total bantuan senilai Rp300 juta berasal dari DPD PDI Perjuangan Jatim, FPDIP DPRD Jatim serta beberapa kepala daerah dari kader PDI Perjuangan,” beber ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jatim ini.

Ditambahkan, DPD PDI Perjuangan Jatim juga mengintruksikan kepada DPD PDI Perjuangan di wilayah Tapal Kuda seperti Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso, Jember, Lumajang dan yang lain untuk bersiap-siap melakukan langkah antisipasi jika wilayahnya ikut terdampak akibat letusan Gunung Agung Bali.

Sementara itu Ketua Baguna Jatim Gianto menjelaskan bahwa tim Baguna Jatim setiba di Bali akan bergabung dengan Baguna DPD PDI Perjuangan Bali maupun Baguna DPP PDI Perjuangan yang sudah ada di lokasi.

“Sekarang ini sudah ada 301 titik pengungsi dan 70 ribu orang pengungsi yang tersebar di tiga Kabupaten yaitu Karangasem, Klungkung dan Gianyar,” kata anggota DPRD Jatim ini.

Tim relawan Baguna Jatim, akan fokus pada tiga bidang yaitu kesehatan, dapur umum dan SAR. “Sebagian besar anggota tim relawan Baguna Jatim itu sudah memiliki sertifikat Basarnas dan pengalaman terjun membantu korban Merapi, Sibanung, Kelud dan yang lain,” imbuhnya.

Diakui Gianto, kebutuhan utama warga pengungsi saat ini adalah masker dan air bersih. “Makanya kami sengaja bawa 300 ribu masker dengan harapan bisa membantu kebutuhan warga karena masker sulit didapat di sana,” pungkasnya.(ars/abi)

Leave A Comment