Headline News

Pantau Harga Sembako, Satgas Pangan Mabes Polri Sidak Pasar Wonokromo

08/06/2017
101 Views

Portaltiga.com – Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) Mabes Polri, hari ini, Kamis (8/6/2017) melakukan inspeksi mendadak di pasar Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.

 

Sidak dipimpin langsung oleh Kasatgas Pangan Irjen Pol. Setyo Wasisto, yang didampingi Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Barung Mangera. Serta sejumlah instasi terkait, seperti Kabulog Jatim Usep Karyana, KPPU KPD Surabaya, dan Dinas Perindag.

 

Seusai meninjau langsung kondisi pasar, Irjen Pol. Setyo menjelaskan, bersama dengan instansi terkait, Mabes Polri berupaya memastikan jika kebutuhan bahan pokok terjamin, baik dari segi stok maupun harga.

 

“Tugas Satgas adalah memantau dan memastikan harga terkendali. Dimulai dari awal, dari produsen, distribusi, dan konsumen,” jelasnya, Kamis (8/6/2017).

 

Satgas Pangan, baik dari Pusat hingga daerah atau Satgasda, memastikan bahwa masyarakat bisa mendapatkan barang barang bahan pokok yang sudah ditetapkan dengan harga oleh pemerintah dan stok cukup, selama ramadhan hingga lebaran nanti.

 

“Tidak ada alasan untuk mengatakan harga naik karena tidak ada stok. Kawan kawan dari Bulog, dari Perindag, dari pertanian, semua siap, dari PPI juga,” tambahnya.

 

Sehingga menurut Irjen Pol. Setyo, jika seluruh instansi terkait sudah turun tangan, kondisi perdagangan berlangsung dengan baik, sesuai dengan harapan. Dan harga harga kebutuhan pokok masih dalam jangkauan sesuai dengan yang diharapkan pemerintah.

 

Ditegaskan Irjen Pol. Setyo, jika Satgas Pangan tidak akan mematikan usaha pedagang yang menginginkan untunt besar. Namun pihaknya ingin semuanya berjalan dengan lancar.

 

“Tetapi ada keseimbangan, mulai dari produsen, kemudian distribusi, dan di konsumen. Dengan harga yang adil, kalau untung pasti untung, harus! harus untung. Tetapi untung yang wajar,” tegasnya.

 

Satgas Pangan juga berupaya memperpendek rantai distribusi, guna menekan biaya. Dengan demikian, dapat mengontrol harga kebutuhan pokok hingga ke konsumen, sesuai dengan harga yang ditetapkan pemerintah

 

“Oleh sebab itu kami berharap rekan rekan di Jawa Timur, sudah bekerja keras. Moga moga saudara saudara kita yang beragama Islam, yang sedang menunaikan ibadah puasa, dan akan merayakan hari raya Idul Fitri nanti, dapat tenang melaksanakan ibadah, dapat tenang merayakan Idul Fitri, karena semua bahan bahan pokok yang disiapkan oleh pemerintah terjangkau, dan mampu dibeli oleh masyarakat itu intinya,” katanya. (Adm)

Leave A Comment