portaltiga.com
Headline Umum

OPD Pemprov Layak Jadi Bapak Asuh Pesantren

Portaltiga.com – Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jatim idealnya menjadi bapak asuh pondok pesantren di Jawa Timur. Hal ini bisa meningkatkan kesejahteraan pesantren.

“Istilah bapak asuh adalah seluruh OPD dilingkungan Pemprov harus punya program khusus di ponpes,” ungkap Wakil Ketua Pansus Ponpes Jatim Achmad Iwan Zunaih saat dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (14/8/2021).

Pria yang akrab dipanggil Gus Iwan ini mengatakan selama ini hanya beberapa OPD saja yang memiliki program khusus OPD Pemprov.

“Sebagai contoh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemprov Jatim punya program pengembangan lingkungan hidup di ponpes, contohnya membuat hutan pesantren atau program lainnya,” sambungnya.

Politisi Partai NasDem ini mengungkapkan, jumlah ponpes di Jatim ada ribuan sehingga perlu ada perhatian seluruh OPD di Jatim. “Bisa dilakukan bertahap untuk meng-cover semua pondok pesantren di tiap tahunnya,” jelasnya.

Ditekankan, target Pansus Ponpes DPRD Jatim saat ini adalah ponpes memiliki banyak bapak asuh dengan tujuang untuk mensejahterakan ponpes. (wan/abi)