portaltiga.com
Umum

Miliki Hak Cipta Empat Tarian, Bocah 11 Tahun Ini Terima Penghargaan Hari Kekayaan Intelektual

Portaltiga.com – Pemerintah memberikan penghargaan kepada para penemu yang memiliki hak cipta dalam peringatan hari Kekayaan Intelektual Sedunia yang diperingati pada hari ini, Kamis (26/4/2018).

Terdapat sejumlah pihak yang mendapatkan penghrgaan. Salah satunya adalah Marvel Gracia, bocah 11 tahun asal Solo yang mendapatkan penghargaan dari pemerintah lantaran telah memiliki hak cipta untuk empat tarian ciptaannya.

Penghargaan diberikan di Istana Wakil Presiden, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (26/4/2018). Penghargaan diberikan langsung oleh Menkum HAM Yasonna Laoly dan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Marvel menerima penghargaan Anugerah Nasional Kekayaan Intelektual untuk kategori siswa inovatif dan kreatif di bidang hak cipta dan hal terkait. Bocah kelas V SD itu membuat empat tarian yang masing-masing diberi nama tarian garuda, sepeda santai, persahabatan, dan ingin hujan-hujanan.

Marvel menyatakan tarian yang dia buat berjenis kontemporer. Dia mulai aktif menari sejak usia 4 tahun.

“Saya pertama kali bikin tarian persahabatan. Idenya dari kegiatan sehari-hari persahabatan saya dengan teman-teman. Yang susahnya mencari tema dan memikirkan gerakan dulu dan koreografinya. Meng-koreo gerakan. Menyusun gerakan,” tutur Marvel di Istana Wapres.

Empat tarian yang dia buat dimulai pada 2015. Sejauh ini Marvel telah pergi ke Korea Selatan dan Thailand untuk mempertunjukkan kebolehannya.

“Sudah pernah ke Korsel dan Thailand, yang tarian persahabatan saya mainkan sendiri. Durasinya lima sampai tujuh menit,” ujar Marvel.

Marvel datang menerima penghargaan bersama ayah dan ibunya. Keduanya begitu bangga pada Marvel yang pada usia sangat muda sudah sebegitu kreatif. (dtc/tea)