Menkes Ajak Masyarakat Segera Imunisasi Measles Rubella

22/09/2017
52 Views

Portaltiga.com – Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam keterangan tertulis yang dikeluarkan pada jumat (22/9/2017), menganjurkan kepada para seluruh masyarakat yang mempunyai anak berumur 9 bulan sampai 15 tahun untuk memanfaatkan imunisasi Measles Rubella (MR).

Imunisasi nasional ini dimulai Agustus sampai akhir September 2017 tanpa dikenakan biaya apapun alias gratis. masyarakat diharap untuk membawa anaknya ke posyandu, puskesmas, atau tempat-tempat yang menyelenggarakan kampanye imunisasi MR.

Sebelum ada kampanye nasional Imunisasi MR, imunisasi untuk mencegah virus campak dan rubella biayanya Rp400.000 tapi sekarang dibiayai oleh negara.

Imunisasi MR tahap pertama diadakan di sekolah-sekolah sedangkan Posyandu dan Puskesmas sarana lainnya bagi anak umur 9 bulan sampai 7 tahun.

Menurut Menkes, kampanye imunisasi MR adalah imunisasi massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya.

Campak dapat menyebabkan komplikasi yang serius seperti radang paru (pneumonia), radang otak (ensefalitis), kebutaan, gizi buruk dan bahkan kematian.

Rubella biasanya berupa penyakit ringan pada anak tetapi bila menulari ibu hamil pada trisemester pertama atau awal kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada bayi yang dilahirkan. Kecacatan tersebut dikenal sebagai Sindroma Rubella Kongenital yang meliputi kelainan pada jantung dan mata, ketulian dan keterlambatan perkembangan.

Tidak ada pengobatan untuk penyakit campak dan rubella namun penyakit ini dapat dicegah. Imunisasi dengan vaksin MR adalah pencegahan terbaik untuk penyakit campak dan rubella. Satu vaksin untuk mencegah dua penyakit

“Lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan dan kematian karena penyakit campak dan Rubella,” pesan Menteri Kesehatan. (ssn/tea)

Leave A Comment