portaltiga.com
Headline Umum

Menimbang Wacana Esport Masuk Kurikulum Sekolah

Portaltiga.com – Belakangan ini wacana memasukkan esports ke dalam kurikulum sekolah menjadi perbincangan. Isu itu merebak di tengah perancangan kurikulum baru oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang bakal lebih mengedepankan kecakapan nalar kritis.

Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) berniat memasukkan esports di kurikulum sekolah. Nantinya, esports akan masuk ke kegiatan ekstrakulikuler sekolah di jenjang SMP, SMA dan SMK.

“Esports juga masuk di kurikulum sekolah kejuruan,” kata Ashadi Ang dalam webinar “Membangung Jenjang Karir Atlet Esports & Prestasi Bangsa,” Rabu 24 November.

Ashadi mengatakan esports di jenjang pendidikan bisa digunakan sebagai wadah pengembangan potensi. Ditambah lagi, menurutnya pemberian materi dasar sebagai pondasi edukasi tentang dunia esports, dapat dilakukan agar siswa memiliki pola pokir yang benar.

“Kami ingin memberikan sebuah edukasi sejak dini… Artinya, ketika kita bicara esports, ini ekosistemnya sebesar ini, peluangnya sebesar ini, serta pondasi-pondasi apa yang harus dilakukan dan tidak dilakukan supaya menjadi atlet sukses,” kata Ashadi.

Ashadi bilang, komponen dalam esports luas. Tak hanya pemain profesional, tapi juga ada caster atau komentator. Hajat PBESI ini akan disampaikan kepada Kemendikbud dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) sebelum bisa terlaksana.

Related posts

Make Tyson Terjuni Bidang E-Sports

admin

PT KAI Gelar Turnamen Esport Berhadiah Rp 50 Juta

admin

Onic Pemenang Pertama Piala Presiden Esports 2019

admin