Mainkan Musik Keroncong, Kelompok Keroncong Asal Amerika Pukau Penonton

Portaltiga.com – Acara bertajuk Rabu Keroncong di gelar di ruang Siri Parwati Fakultas Ilmu Budaya kampus B Unair,Rabu (11/7/2018). Hampir mayoritas penonton dari acara ini adalah kaum muda. Bagaimana tidak para kaum muda ini merasa penasaran ingin melihat pertunjukan keroncong yang disuguhkan oleh Rumput, kelompok Keroncong asal Richmond, Amerika Serikat.

Kelompok Keroncong yang beranggotakan Hannah Standiford pada Vocal dan memainkan ukulele, Kyle Dosier pada Ukulele, Andy Mc Graw memainkan Cello, John Priestley memainkan Gitar, Paul Wilson memainkan Biola dan Nat Quick memainkan Gitas Bas. Dalam acara kemarin mereka membawakan langgam jawa, assembel, dan juga lagu dalam tiga bahasa sekaligus. Bahasa Indonesia, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris. Namun ternyata mereka bukan hanya menyuguhkan musik saja, mereka mengkolaborasikan  musik keroncong dengan pertunjukan Crankie yang merupakan pertunjukan wayang asal amerika.

Hanna sang vokalis menjelaskan asal muasal crankie dan mengapa mereka menyajikan dalam pertunjukan mereka kepada portaltiga.com.

“Wayang ini sebenarnya budaya asli yang dibawa oleh para imigran Amerika dimana dulu lebih dimainkan dengan cerita-cerita lokal di sana, dan kami tertarik untuk menyajikan disini karena ingin menunjukkan dengan mengkolaborasikan kebudayaan asal kami dan indonesia,” terang Hanna seusai pertunjukan.

Banyak penonton yang terkesima dan takjub melihat pertunjukan yang disuguhkan kelompok keroncong asal Amerika ini. Josep salah satu penonton asal Maluku yang kuliah di Surabaya mengaku takjub melihat pertunjukan visual yang dihadirkan Rumput dan juga musik-musik keroncong yang mereka sajikan.

“Saya terkesima dan masih tidak percaya, mereka bisa lancar dan fasih dalam memainkan lagu-lagu keroncong baik dalam bahasa Jawa, dan Indonesa,” terang Joseph kepada portaltiga.com. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION