KPU Surabaya Siap Buka Pendaftaran Paslon Pilwali

Portaltiga.com – KPU Kota Surabaya akan segera menerima pendaftaran Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya dalam Pilwali Surabaya tahun 2020. Pelaksanaan pendaftaran rencananya dimulai pada Jumat (04/09) besok.

Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi mengatakan, telah siap untuk melaksanakan tahapan pendaftaran mulai tanggal 04-06 September 2020.

“Dalam tahapan ini KPU Surabaya, berharap sudah ada dua pasangan Wali Kota Dan Wakil Wali Surabaya, yang akan mengikuti kontestasi Pilwali tanggal 09 Desember 2020.”ujarnya kepada wartawan di gedung KPU Kota Surabaya, Kamis (03/08/20).

Ia menjelaskan, untuk Bacawali dan Bacawawali Surabaya yang akan mendaftar ke KPU, selain persyaratan yang lengkap, juga harus mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Seperti melakukan rapid test dan cek suhu tubuh sebelum masuk gedung KPU.

Karena, terang Nur Syamsi, ditengah pandemi Covid-19, KPU Surabaya melaksanakan proses tahapan pendaftaran dengan disiplin protokol kesehatan yang super ketat, sesuai arahan Gugus Tugas Covid-19 Jatim.

Sementara itu Soeprayitno, Komisioner KPU Divisi Hukum dan Pengawasan mengatakan, Jelang proses pendaftaran Paslon Bacawali Surabaya, KPU Kota Surabaya memastikan jika pihaknya telah mempersiapkan diri untuk melaksanakan tahapan ini.

“Nah nanti 4-6 September 2020 itu akan masuk masa pendaftaran paslon. Nanti ketika Bapaslon datang, akan kita lakukan verifikasi syarat langsung,” tambah Nano, sapaan akrabnya.

Ditempat yang sama, Divisi Teknis KPU Provinsi Jawa Timur, Insan Qoriawan menambahkan, pendaftaran Paslon calon kepala daerah mulai besok, Jumat tanggal 04-06 September 2020 serentak dilakukan di Kabupaten dan Kota di Jawa Timur, termasuk di Surabaya.

Namun, terang Insan, karena pandemi saat pendaftaran Paslon ada pembatasan jumlah yang dateng ke KPU yaitu, Paslon dan Ketua serta sekretaris Parpol pendukung, dan tim penghubung atau LO.

“Karena masih pandemi Covid-19, kita batasi Paslon yang akan mendaftar ke KPU Surabaya, atau KPUD lainnya di Jatim,” ungkap Insan. (tea/tea)

JOIN THE DISCUSSION