KPU Minta Masyarakat Terima Petugas Coklit, Ini Alasannya

Portaltiga.com – KPU meminta masyarakat menyambut Petugas Pencatat Data Pemilih (PPDP) yang akan melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ke rumah-rumah warga.

Hal ini diungkapkan Ketua KPU RI Arief Budiman kala memantau langsung pelaksanaan Coklit oleh PPDP di Kediaman Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, di Jemursari, Surabaya, Minggu (26/07/2020).

“Yang kita perlukan para pemilih menyediakan datanya, lalu dicocokkan dengan data yang sudah masuk di tempat kita,” kata Arief.

Data yang dimaksud Arief adalah KTP Elektronik (E-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang nanti akan disingkronkan dengan data yang dimiliki KPU.

Ia juga mengatakan, bahwa ada dua hal yang menjadi fokus utama bagi KPU untuk memastikan PPDP menjalankan tugasnya dengan baik. Dua hal itu adalah masalah kesehatan dan keselamatan.

“Itulah mengapa ketika kita putuskan dilanjutkan (Pemilukada) di bulan desember 2020, KPU mengajukan tambahan anggaran untuk memenuhi dua hal tersebut,” katanya.

Untuk memenuhi unsur kesehatan, seluruh PPDP diberikan asupan vitamin agar sistem imun tetap terjaga. Para PPDP yang mendatangi rumah-rumah warga juga dipastikan telah mengikuti rapid tes, sehingga dipastikan petugas terhindar dari Covid-19.

Sedangkan untuk unsur keselamatan, KPU selalu membekali PPDP dengan Alat Pelindung Diri (APD) seperti masker, face shield, dan sarung tangan sekali pakai.

“Saya menghimbau pemilih tetap saja beraktifitas secara aktif dalam setiap tahapan pemilu, karena setiap tahapan kami menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan, dalam tahapan coklit ini, perlindungan hak pilih menjadi hal yang penting.

“Jadi pastikan ketika ada petugas Coklit, terima mereka dan verifikasi yang dilakukan, saya rasa tugas kita untuk memberikan dukungan kepada para petugas Coklit,” ungkap Khofifah.

Khofifah juga memastikan, Pemprov Jatim memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan tahapan-tahapan pemilukada agar dapat terlaksana dengan lancar.

“Pemprov akan mendukung sepenuhnya seluruh proses yang sedang berjalan, terutama yang sekarang sedang dalam koordinasi KPU Provinsi Jawa Timur,” Kata Khofifah. (tea/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »