Kemunculan Buaya Teluk Penyu Cilacap, Tanda Bencana?

Portaltiga.com – Kemunculan buaya di perairan Cilacap, Jawa Tengah, tepatnya di muara Teluk Penyu dan perairan Pulau Nusakambangan bisa merupakan tanda akan terjadi bencana alam, dan juga beberap hal lain.

Kepala Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cilacap Endi Suryo mengaku masih mendalami kasus tersebut untuk memastikan penyebab kemunculan buaya. Ia menyebut, kemunculan buaya muara di kawasan tersebut baru pertama kali terjadi.

“Sekarang banyak masyarakat penggemar binatang yang kurang bertanggungjawab. Memelihara buaya, setelah besar dilepaskan,” kata Endi saat dihubungi Kompas.com, Rabu (15/5/2019).

Kemungkinan lain, menurut Endi adalah terjadi bencana sehingga buaya muara yang selama ini tidak termonitor keluar dari habitatnya. Endi mengatakan sementara ini pihaknya sebatas melakukan pemantauan. Apabila keberadaan buaya mengganggu dan mengancam aktivitas masyarakat, pihaknya akan menangkap buaya tersebut.

“Tentunya kalau itu meresahkan, mengganggu, dan membahayakan masyarakat, menjadi konflik dengan masyarakat akan kita tangkap. Tapi sepanjang tidak meresahkan, tidak ada permasalahan dengan masyarakat ya kita pantau saja,” ujar Endi.

Endi mengatakan akan melakukan pengawasan agar keberadaan buaya tersebut tidak masuk ke permukiman warga atau tempat-tempat wisata di sekitarnya. (kc/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION