KaoskakiLur Usaha yang Dirintis Dari Kegemaran Memakai Kaus kaki

Portaltiga.com – Kaos kaki biasanya merupakan perlengkapan yang jarang diperhatikan bagi sebagian orang. Namun siapa sangka selain memiliki kegunaan sebagai pelindung kaki tetap bersih dan memberi rasa aman dari gesekan penyebab iritasi, kaos kaki juga bisa dipadu padankan dengan pakaian yang kita pakai.

Zulfira Hildana founder dari online shop Kaoskakilur mengaku tidak sengaja membuka bisnis toko online yang menjual kaos kaki dengan berbagai corak dan bahan. Awalnya zul, sapaan akrab wanita 28 tahun ini suka memakai dan mengkoleksi berbagai jenis kaos kaki.

“Aku addicted sama kaos kaki, ga bisa kalo ga pakai. Mau tdr dan ga ngapa2in pun pake kaoskaki,” terang nya kepada portaltiga.com, Jumat (01/06/18).

Zul bercerita bagaimana mulanya ia mendapat ide untuk berjualan berawal dari membuka paketan pesanan kaos kaki yang ia pesan untuk souvenir nikahnya saat jam istirahat di kantor, banyak teman kantornya tertarik dan membeli souvenirnya.

“Niatkan waktu itu buat beli kaos kaki untuk souvenir nikah. Aku cari-cari deh distributor kaos kaki yang murah tp kualitas bagus. Akhirnya aku pesen lah kaos kakinya. Eh, Pas barangnya sampai dan aku sortir di tempat kerja, Nah kok temen-temen pada tertarik dan grudug kaos kakiku. Ludes deh,” jelasnya.

Nama Kakilur sendiri ia pilih karena iseng, supaya lebih akrab dan familiar dengan para customernya.

“Dulu itu sering guyonan ‘yoi lur’, trus aku iseng aja bilang ini namanya kaoskakilur. ya klo diartikan mungkin kaoskaki buat para dulur sedoyo. Enak aja klo diucapin Kaoskakilur!! Kayak org nawarin toh, ayo2 Kaoskakilur!! Hehehe,” terangnya saat kami tanya soal brand yang ia pilih.

Dengan modal 700.000 rupiah Zulfira mulai untuk membuka toko onlinenya di Surabaya. Di awal 2017 Ia mulai membuat akun Instagram @Kaoskakilur sebagai media promo usahanya dan mulai merambah berjualan dengan mengikuti CFD dan Bazar pada event-event tertentu.

Untuk kualitas kaos kaki yang ia jual, Zul berani menjamin produk yang iya jual kualitas terbaik.

“Untuk produk kaos kaki yang dijual rata-rata pilihan aku sendiri, dijamin enak dipakai dan gak norak deh,” tambahnya.

Soal harga zul sendiri tidak mematok harga terlalu tinggi. Untuk kaos kaki biasa dipatok harga 8.000 rupiah saja,Korean Sock dengan karakter Disney di bandrol 35.000 rupiah dan untuk model kaos kaki Oldschool hanya 25.000 rupiah saja. Tak jarang bagi yang membeli item lebih banyak akan diberikan bonus atau potongan harga.

Trend kaos kaki sendiri diyakini zul akan terus berkembang dan tak mati oleh zaman.

“Menurutku tren kaos kaki mengikuti mode ya, beda sama dulu. Kalo dulu kemana-mana pake kaos kaki yang keliatan tuh malu, Apalagi ada motif-motifnya. Sekarang sudah beda, fashion main. Jaman sekarang orang-orang sudah mulai pada pede nunjukin kaoskaki meski pakai sendal. Apalagi yg berhijab kan wajib berkaoskaki. Biar syar’i Hahaha,” pungkas Zulfira

Hampir dalam satu bulan Zulfira memperoleh omset jutaan rupiah dari usahanya. Para pembelinya rata-rata dari kalangan wanita dan pria dari berbagai usia yang rata-rata berdomisili di daerah Jawa Timur.

Bagi anda yang mulai tertarik untuk memakai dan mengoleksi ada beberapa tipsnya dari kaoskakilur yang perlu di perhatikan. Pertama pemakaian kaos kaki maksimal sehari 1 kaos kaki. Kedua pada saat dicuci janga disikat terlalu kuat dan usahakan hand wash. Ketiga Jangan pernah mensetrika kaos kaki apalagi digulung bulat seperti telor karena akan menyebabkan molor. Bagi anda yang memiliki masalah kaki yang bau harus mencari bahan kauskaki yang katun dan harus tiap hari ganti, minimal pemakaian 10 jam. (doy/tea)

JOIN THE DISCUSSION