portaltiga.com
Headline Umum

Jangan Tinggalkan Hobi Meski Sibuk Kerja, Ini Manfaatnya

Portaltiga.com – Sering kali orang kesulitan meluangkan waktunya buat sekadar melakukan hobi karena terlalu sibuk dengan pekerjaan. Padahal melakukan hobi itu cukup penting bagi diri.

Selain menambah produktivitas, memiliki hobi, terlebih lagi hobi kreatif juga dapat menjadi hiburan tersendiri. Menurut penelitian, punya hobi dapat membantu seseorang bisa bekerja lebih baik.

Melakukan hobi juga akan mengasah kemampuan diri. Setelah sibuk dengan aktivitas kantor, maka tubuh dan pikiran butuh refresh.

Nah, melakukan hobi bisa menjadi solusinya. Karena sudah jadi hobi, maka melakukannya pun akan benar-benar menyenangkan.

Anda hanya perlu mengatur waktu agar tidak bertabrakan dengan jam kerja. Bisa juga dilakukan saat sedikit waktu senggang di sela-sela kesibukan.

Sesibuk apapun Anda, luangkanlah waktu untuk hobi. Selain dapat meningkatkan skill, melakukan hobi juga dapat membawa semangat baru. Ini lho beberapa manfaat pentingnya melakukan hobi di tengah-tengah kesibukan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Mengobati Kebosanan
Melakukan hobi tentu menjadi hiburan tersendiri dan berdampak positif pada suasana hati. Karena hobi, maka melakukannya tidak ada keterpaksaaan dan membuat rasa senang. Tentu saja hal ini bisa mengobati kebosanan.

Oleh karena itu, hobi dapat menjadi hiburan yang ampuh bagi tubuh dan pikiran. Selain manfaat bagi kesehatan hobi juga dapat bermanfaat dari berbagai aspek misalnya segi finansial, pengalaman dan lain-lain.

2. Bisa Bikin Diri Lebih Kreatif
Kreativitas dapat meningkat jika terus diasah. Salah satu cara mengembangkan kreativitas adalah dengan melakukan hobi. Jika bereksperimen dengan hal yang disukai, tentu akan memunculkan tantangan-tangan baru.

Tantangan ini dapat menumbuhkan kreativitas. Misalnya jika memiliki hobi di bidang kerajinan tangan, maka ada keingingan membuat dan mengreasikannya menjadi sesuatu yang bernilai, bahkan unik.

Setiap hal baru yang dilakukan dapat meningkatkan daya kreativitas. Dengan begitu akan merasa tertantang untuk melakukan sesuatu yang baru terus menerus. Bukankah melakukan hal yang disukai tidak akan ada habisnya?

3. Berguna untuk Kesehatan
Setelah penat dengan segudang pekerjaan, maka tubuh akan membutuhkan istirahat. Nah, hobi juga bisa sebagai penyegaran karena melakukannya dengan rasa rileks.

Pekerjaan yang dilakukan selama hari kerja biasanya monoton. Jika terus dibiarkan tanpa ada hiburan maka kesehatan bisa saja terganggu. Terutama kesehatan mental.

Melakukan hal yang disenangi akan membawa dampak positif bagi tubuh. Menurut penelitian, melakukan kegiatan yang disukai akan membantu Anda merasa lebih bersemangat.

Dengan bersemangat dapat menurunkan tekanan darah karena stres. Terlalu jenuh dengan pekerjaan tentu saja akan memicu stres. Oleh karena itu, dengan melakukan hobi dapat meringankan tekanan-tekanan hingga membuat bahagia.

4. Bisa Memperluas Jaringan
Melakukan suatu hobi akan menemukan Anda dengan orang-orang baru. Apalagi jika mengikuti suatu komunitas, maka akan bertemu dengan orang-orang yang memiliki hobi sama.

Misalnya hobi Anda adalah menulis, maka bisa bergabung dengan komunitas menulis yang ada. Belajar dengan para ahli hingga mengikuti pertemuan komunitas dalam seminar dan lainnya.

Dari situ Anda bisa membangun koneksi. Berbagi tentang hobi hingga hal-hal lain yang dirasa perlu. Koneksi ini akan memperluas jaringan pertemanan Anda.

Memiliki banyak teman tentu menyenangkan. Anda bisa bertukar pikiran, pendapat hingga saling tolong menolong. Manfaat lainnya, Anda juga bisa terbantu dengan banyaknya relasi untuk pekerjaan.

5. Bisa Dapat Penghasilan Tambahan
Saat ini banyak yang menjadikan hobi sebagai ladang mencari rejeki. Apakah Anda salah satunya?

Hobi yang ditekuni dan dijalankan dengan sungguh-sungguh memang dapat mendulang rupiah. Ada yang menempatkan sebagai side job, adapula yang bekerja sesuai hobinya.

Bagi Anda yang menginginkan hobi sebagai pekerjaan sampingan itu bagus. Jika hobi bisa dijadikan penghasilan tambahan, tentu dapat membuat Anda lebih bersemangat lagi.

Lalu, Apa Hobi Anda? Ayo nikmati…

*Artikel ini dikutip dari Kompas.com

Related posts

Pelihara Kelinci, Ajarkan Tanggung Jawab Pada Anak

admin

Heritage Motorcycle Festival Sedot Animo Pecinta Motor Antik

admin

Mobilio Indonesia Geber Event Nasional Akhir Tahun di Bromo

admin