Ini 5 Smartphone Gaming Sekelas Konsol

Portaltiga.com – Para produsen smartphone semakin gencar untuk membuat smartphone gaming di sepanjang 2018. Alasannya? Karena pasar mobile game yang semakin lama menggiurkan yang tidak hanya dikuasai oleh game-game bergenre RPG, tapi juga game-game kompetitif yang bergelut di bidang esports. Tentu saja smartphone super lancar menjadi tuntutan.

Sebut saja produsen smartphone seperti Razer, ASUS, ZTE, XIaomi yang sudang mencolong start terlebih dahulu dengan merilis smartphone gaming besutannya. Selain berfokus pada fitur dan spesifikasi yang ditawarkan, setiap perusahaan tentunya ingin menawarkan keunggulan inovatif yang tidak dimiliki para kompetitornya.

Bagi kamu yang setidaknya berencana untuk membeli smartphone gaming atau sedang berencana dan menimbang-menambang ingin menggunakan smartphone gaming. Pada artikel ini, kru KotGa akan memberitahukan beberapa jejeran smartphone gaming terbaru yang sudah beredar informasinya ke publik.

1. ROG Phone
Smartphone yang diberi nama ROG Phone ini sudah di desain untuk memenuhi kebutuhan gamer dalam memainkan game apapun di kualitas maksimal dengan lancar. ROG Phone dibekali dengan layar super amoled 2160 x 1080 (6-inch 18:9) yang memiliki tingkat akurasi warna lebih baik dibanding Razer Phone. Tingkatan refresh ratenya juga cukup tinggi dan bisa mencapai 90Hz. Jeroan utamanya? Qualcomm Snapdragon Versi Overclock dengan Adreno 630.

Tidak hanya itu, berbagai aksesoris inovatif juga ditawarkannya. Mulai dari dock untuk menyambung ke TV, hingga cooler yang menjaga suhu smartphone tetap stabil. Untuk harganya? Varian termurah dengan memori internal 128GB dibanderol dengan harga USD 899 atau sekitar IDR 13.690.000. Semantara untuk varian termahal dengan memori internal 512GB dibanderol dengan harga USD 1099 atau sekitar IDR 16.740.000.

2. Razer Phone 2
Razer resmi memperkenalkan Razer Phone 2. Menariknya, Razer mengklaim bahwa generasi kedua tersebut memiliki peningkatan performa 30 persen jika dibandingkan dengan versi perdananya. Sementara untuk urusan desain, Razer masih konsisten dengan desain “kotak” minimalis nan elegan andalannya. Yang masih menjadi andalannya juga adalah layar sebesar 5.7-inch IGZO LCD dengan resolusi Quad HD (1440 x 2560) serta refresh rate hingga 120Hz.

Nah, untuk urusan dapur pacu, smartphone gaming tersebut telah ditenagai dengan Snapdragon 845, Adreno 630, serta 8GB RAM yang dibarengi dengan 64GB internal storage yang bisa ditambahkan dengan MicroSD sampai 512GB. Untuk menjalankan kegiatan sehari-hari Razer Phone sudah dibekali dengan Android 8.1 Oreo. Razer Phone 2 dibanderol dengan harga USD 799 atau sekitar IDR 12 jutaan.

3. Huawei Mate 20 X
Diumumkan dengan nama lengkap Huawei Mate 20 X, smartphone atau mungkin lebih cocok disebut phabet ini memiliki performa unggulan dengan chipset Kirin 980 dengan konfigurasi RAM bawaan 6GB dan kapasitas internal storage 128GB, dukungan layar 7,2 inch Full HD, yang tentu dengan gamepad tambahan untuk bermain game. Faktor yang membuatnya terasa unik dibanding hardware portable lainnya adalah performa yang bahkan bisa disandingkan dengan konsol Nintendo Switch.

Jika dilihat dari segi performa, bisa dibilang Nintendo Switch memang lebih superior dalam menjalankan beberapa game kelas konsol. Maka dari itu dibanding performa, pihak Huawei lebih mengunggulkan daya tahan baterai sampai dengan 6 jam untuk main game dan ukuran layar Mate 20 yang lebih superior. Huawei Mate 20 X dibanderol dengan harga 899 Poundsterling atau sekitar IDR 17,988,000.

4. Xiaomi Black Shark 2
Perubahan yang paling mencolok dari generasi terbaru Black Shark adalah, dari bagian dual kamera yang memiliki posisi vertikal. Selain itu, beberapa hal yang bisa dipastikan lainnya adalah kapasitas baterai 4.000 mAh serta ukuran layar 5.99-inch. Menariknya, dibagian samping dan belakang bodi juga sudah memiliki fitur RGB lighting agar terlihat kekinian.

Sementara untuk kapasitas RAM akan tersedia dalam varian 6GB dan 8GB. Untuk chipset yang digunakan dikabarkan akan masih menggunakan Qualcomm Snapdragon 845. Xiaomi Black Shark 2 dikabarkan hanya akan dibanderol dengan harga sekitar IDR 7 jutaan dan akan dirilis secara global. Mulai tertarik untuk meminang smartphone gaming?

5. Nubia Red Magic
Belakangan ini, fitur RGB memang gencar digelontorkan oleh berbagai vendor komponen PC hingga beragam peripheral dan platform gaming, beberapa perusahaan gadget pastinya juga tertarik untuk memanfaatkan implementasi fitur ini dalam produk mereka. Salah satunya adalah produk Nubia besutan ZTE yang telah resmi mengumumkan smartphone gaming Nubia Red Magic.

Tidak hanya mengandalkan fitur RGB dibagian belakang, Red Magic memiliki heatsink dengan tiga ventilasi serta fitur spesial “Air Convection Cooling System.” Untuk masalah performa, sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Smartphone ini memiliki jeroan Snapdragon 835, 8GB RAM, memori internal 128GB, dan kapasitas baterai 3,800 mAh yang sayangnya tidak dibekali dengan layar 120Hz untuk memangkas harga. Nubia Red Magic dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau di USD 400 atau sekitar IDR 5.500.000. (kotakgame/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION