portaltiga.com
Headline Intermezzo

Google Doodle Tampilkan Lebah di Hari Guru, Ini Maknanya

Portaltiga.com – Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru Nasional. Google Doodle pun merayakannya dengan menampilkan gambar lebah, Kamis (25/11/2021).

Tampak gambar 4 ekor lebah kecil warna-warni sedang memperhatikan seekor lebah lebih besar berkacamata yang sedang menunjukkan sebuah buku.

Lebah besar tersebut diilustrasikan sebagai seorang guru yang tengah mengajarkan pelajaran kepada anak-anak didiknya. Para lebah itu tampak seperti berada di antara bunga-bunga yang sedang bermekaran. Terdapat juga seekor ulat berwarna hijau yang menghadap ke salah satu lebah kecil yang jadi muridnya.

Perayaan Hari Guru Nasional (HGN) 25 November ini bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Dikutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tema Hari Guru Nasional 2021 adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan.”

Baca Juga: Google Doodle Pasang Gambar Tiga Motif Batik

Hari Guru merupakan hari khusus untuk mengapresiasi guru, dan peringatan ini dilakukan untuk menghormati para guru atas kontribusi khusus mereka di bidang bidang tertentu, atau masyarakat pada umumnya.

Gagasan merayakan Hari Guru sendiri berakar di banyak negara selama abad ke-19; dalam kebanyakan kasus, perayaan ini ditujukan bagi pendidik lokal atau tonggak penting dalam pendidikan.

Hal inilah yang menjadi alasan utama mengapa negara-negara merayakan Hari Guru pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Di beberapa negara, hari guru merupakan hari libur sekolah.

Banyak negara merayakan Hari Guru pada tanggal 5 Oktober bersamaan dengan Hari Guru Sedunia, yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 1994. Hari Guru Sedunia pada 5 Oktober untuk memperingati ulang tahun adopsi Rekomendasi ILO/UNESCO 1966 tentang Status Guru, yang menetapkan tolok ukur mengenai hak dan tanggung jawab guru, dan standar untuk persiapan awal dan pendidikan lebih lanjut, rekrutmen, pekerjaan, dan kondisi belajar-mengajar.
Rekomendasi tentang Status Tenaga Pengajar Pendidikan Tinggi diadopsi pada tahun 1997 untuk melengkapi Rekomendasi 1966 dengan mencakup tenaga pengajar di pendidikan tinggi.

Hari Guru Sedunia telah diperingati sejak tahun 1994. Hari Guru Nasional 2021 Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2021, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi akan menyelenggarakan Apresiasi Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Tahun 2021.

Kegiatan ini bertujuan memberikan apresiasi terhadap Guru (TK, SD, SMP, SMA, SMK, SLB, GPK), Kepala Sekolah, Kepala TK, Pengelola KB/TPA/SPS, Pengawas Sekolah, Pamong Belajar, dan Penilik PAUD dan Dikmas yang telah berperan aktif dan memiliki praktik baik dalam melakukan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) dalam mengatasi learning loss yang disebabkan karena pandemi Covid-19 dengan kebijakan Merdeka Belajar. (tirto.id/abi)

Related posts

Google Doodle Rayakan Hari Ulang Tahun Astronom Meksiko

admin

Google Doodle Tampilkan Sosok Dr. Katsuko Saruhashi, Siapakah Ia?

admin

Google Doodle Tampilkan Sosok Dr. Maya Angelou, Siapa Dia?

admin