Gerhana Matahari Cincin Tak Terlihat di 7 Kota Jatim

Portaltiga.com – Gerhana matahari cincin (GMC) akan terlihat di sebagian wilayah Jawa Timur. Tapi, dari 38 kabupaten/kota di Jatim, ada tujuh daerah yang tidak bisa menyaksikannya.

Beberapa daerah tersebut yaitu Pacitan, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Kanigoro.

“Karena memang di Jawa Timur beberapa wilayah ada pertumbuhan awan walaupun tidak signifikan, tapi tetap bisa menutupi yang di langit. Biasanya dari awan tinggi dan awan menengah yang menyebabkan cuaca ekstrem karena awan rendah,” kata Teguh Tri Susanto Kasi Data dan Informasi BMKG Klas I Juanda Surabaya.

Teguh menambahkan, selain tujuh daerah itu, semuanya bisa melihat gerhana matahari cincin yang diperkirakan mulai bisa dilihat sekitar pukul 15.00 itu.

“Sebagian besar (wilayah Jatim) dapat melihat. Dengan kondisi cerah gak ada awan ya,” katanya, Minggu (21/6/2020).

BMKG mengingatkan, bagi warga yang ingin menyaksikan gerhana matahari cincin, agar tetap melakukannya dengan cara aman. Diantaranya, memakai kacamata khusus. Selain itu, warga juga busa membuat proyeksi lubang untuk pengamatan secara tidak langsung dengan melihat bayangan dan atau menggunakan plastik film yang digabungkan sampai lima lapis.

Sebagai informasi, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari. Sehingga, matahari nampak seperti cincin. (ssn/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »