Gandeng USAID Prioritas, SDN Sedati Gede II Fokus Tingkatkan Mutu Belajar

Portaltiga.com-Dalam rangka meningkatkan mutu belajar serta kuallitas pendidik, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sedati Gede II di Kecamatan Sedati-Sidoarjo, bekerjasama dengan USAID Prioritas Jatim terus memberikan diklat dan edukasi tentang pentingnya mutu belajar. Berbagai upaya dilakukan oleh SDN Sedati Gede II dalam meningkatkan mutu pendidikan seperti, fasilitas baca, laboratorium bahasa, komputer, hingga laboratorium lingkungan.

Kepala Sekolah SDN Sedati Gede II, Dra.Sumiati, MM, mengatakan, setelah mendapatkan training oleh USAID Prioritas, sejumlah pengajar di sekolah kami terus meningkatkan kualitas dan profesional mengajar. Selain itu, pengembangan terhadap siswa terutama dalam hal budaya membaca juga sangat di prioritaskan siswa-siswi

“Budaya baca di sekolah kami sangat diprioritaskan karena untuk meningkatkan literasi siswa-siswi kami. Fasilitas tersebut, diantaranya ada perpustakaan, taman baca, dan stock buku buku bacaan yang salah satunya diberikan oleh USAID Prioritas Jatim.”ujarnya, kepada wartawan,  saat mengunjungi praktek mutu belajar bersama tim USAID Prioritas Jatim, di SDN Sedati Gede II, Rabu (27/04/16).

Ia menjelaskan, budaya baca di sekolah sudah kami aplikasikan seperti sebelum mengikuti mata pelajaran di kelas, siswa melakukan kegiatan membaca selama 15 menit.  “Kami juga memiliki joglo taman bacaan yang diperuntukkan bagi murid kami yang ingin membaca dengan secara rileks, jadi tidak melulu di perpustakaan.”ungkap Sumiati.

Sementara itu, Drs.Andi Sugiharto, Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Sedati mengatakan, di Kecamatan Sedati-Sidoarjo ada 17 Sekolah Dasar Negeri dan 2 SD Swasta, masih ada satu desa yang tidak punyal SDN yaitu Desa Tambak Cemendi. “Kami sangat bangga dapat dikunjungi oleh USAID Prioritas, karena tidak semua SD di Kecamatan Sedati yang mendapat perhatian khusus oleh pihak lain, seperti USAID.”katanya.

Koordinator USAID Prioritas Jatim, Silvana Erlina, menambahkan, edukasi budaya baca dan profesionalitas pendidik sangat penting dilakukan untuk kemajuan dunia pendidikan di Indonesia. “Untuk itu kami memberi dukungan berupa suplai buku di setiap sekolah, training guru, dan peningkatan SDM para pendidik.”ujar Silvana. (Trish)

JOIN THE DISCUSSION