Gandeng PT WIKA, PT PWU Jatim Garap Tol Krian- Manyar

16/09/2016
300 Views

 

Portaltiga.com: Salah satu BUMD milik Pemprov Jatim yaitu PT PWU (Panca Wira Usaha ) Jatim menggandeng salah satu BUMN di bidang kontruksi untuk melakukan kerjasama join venture untuk menggarap
proyek jalan tol dari Krian-Legundi-Bunder-Manyar sepanjang 39 kilometer.

“Investasi dalam proyek ini totalnya mencapai Rp.12,026 triliyun. Sedangkan komposisinya PT Waskita Karya 55 persen, swasta 25 persen dan PT PWU Jatim 20 persen,” ujar Basanto saat dikonfirmasi Jumát (16/9).

Basanto mengungkapkan bahwa proyek tol Krian-Manyar bisa dikatakan tergolong baru karena menggunakan model Unsolicitade, dimana proses pembebasan lahan akan dilakukan sendiri oleh perusahaan joint venture hingga pengerjaan fisiknya. Sedangkan fungsi pemerintah hanya akan memberikan ijin konsesi hingga jalan tol tersebut nantinya menjadi milik pemerintah.

“Sesuai rencana, jalan tol Krian-Manyar sebagian besar menggunakan elevated (menggantung) sehingga pengerjaanya memakan biaya mahal. Namun di sisi lain kebutuhan lahan tidak terlalu besar karena lahan yang akan dibebaskan sebagian besar berupa sawah, tegalan, tambak dan tanah milik pengairan,” bebernya.

Hingga saat ini proses pembebasan lahan terus dilakukan sehingga dijadwalkan mulai tahun 2017, pengerjaan fisik sudah bisa dimulai. “Kalau berjalan lancar tahun 2019 mendatang jalan tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar sudah bisa dioperasikan,” harap Basanto.
(Three)

Leave A Comment