Ford Sedang Kembangkan Teknologi Mobil Pintar, Bantu Tunanetra Nikmati Pemandangan

Portaltiga.com – Produsen mobil asal Amerika Serikat, Ford saat ini tengah membangun teknologi mobil pintar yang ditujukan bagi kaum tunanetra.

Teknologi yang dimaksud adalah dengan memberikan pandangan ke penyandang tunanetra melalui getaran yang disampaikan melalui kaca sebagai alat ganti pandangan. Melalui getaran tersebut, diharapkan para penyandang tunaneta akan mampu menikmati pemandangan di sekitarnya ketika sedang berada di dalam mobil.

Dikembangkan oleh Ford Italia dengan perusahaan startup teknologi Aedo, nantinya visual akan diubah menjadi getaran yang juga memberikan informasi soal jalanan di depan. Dengan begitu mereka yang tidak bisa melihat sepenuhnya atau sebagian bisa merasakan pemandangan yang ada di depan mobil.

Nantinya foto diambil kemudian diubah menjadi gambar berwarna hitam putih.

“Kami berusaha untuk membuat hidup orang lebih baik dan ini merupakan kesempatan brilian menolong kaum tunanetra untuk menambah pengalaman berkendaranya,” ujar juru bicara Ford dikutip Autocar, Sabtu (12/5/2018).

“Teknologinya memang sulit, namun konsepnya sederhana dan diharap bisa membuat perjalanan mereka lebih menyenangkan,” lanjutnya.

Walaupun masih konsep, Ford cukup pede teknologi ini bisa disematkan pada mobil-mobilnya. (dtc/tea)

About the author

Related

JOIN THE DISCUSSION