Dua Kapal Pengangkut Hewan Ternak Buatan Putra-Putri Madura Resmi di Luncurkan Pemerintah

Portaltiga.com – KM Camara Nusantara 2 dan KM Camara di resmikan di Bangkalan. kedua kapal ini merupakan kapal pengangkut hewan ternak pertama di Indonesia yang memiliki standart kesehatan. Standar yang diterapkan adalah standar prinsip hewan hidup normal dan sehat. Kedua kapal ini merupakan kapal buatan putra dan putri pulau garam Madura, proses perakitan dan finishing dilakukan oleh tenaga kerja dari daerah tersebut.

“Kedua kapal ini 100% buatan putra-putri Madura. Mulai dari desain, perakitan dan finishing” terang Anita Direktur Utama PT Adiluhung Saranasegara Indonesia (ASSI), perusahaan pembuat kedua kapal di sela peluncuran kapal di galangan PT ASSI Bangkalan, Madura, Jumat (25/5/2018).

Terdapat beberapa perubahan yang tampak jelas dari pendahulunya, generasi pertama. Terlihat dari kapasitas tenaga dari mesin jenset lebih besar, pintu yang kedap, adanya penambahan beberapa blower di atas, ruang pengawas sapi, alarm system dan system yang diperbaharui, ruangan kandang dan ABK yang diperluas.

“masing-masing memiliki kapasitas 500 ekor sapi atau 150 ton barang/kargo,” jelas Anita.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Pusat Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub, Chandra Irawan, memaparkan tentang pendistribusian ternak sapi yang selama ini belum optimal, rata-rata pengiriman masih mengandalkan transportasi darat seperti truk yang jumlahnya terbatas. Hal ini membuat terkendala pasokannya ke ibukota dan kota kota besar, juga menyebabkan harga sapi lebih mahal.

Dengan adanya KM Camara Nusantara 2 dan KM Camara Nusantara 5 ini, diharapkan nantinya bisa menjadi alterrnatif transportasi yang nyaman untuk pendistribusian hewan ternak mulai dari sentra produksi sapi yang terdapat di daerah Nusa Tenggara Timur menuju titik-titik sentra consumer. (doy/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION