Dewan Kesenian Jakarta Gelar Sayembara Novel

Portaltiga.com – Dewan kesenian Jakarta (DKJ) kembali menyelenggarakan Sayembara Novel. Lomba penulisan novel tahun ini akan dibuka hingga tanggal 31 Juli mendatang.

Sayembara Novel DKJ ini menjadi pintu bagi penulis-penulis muda agar semakin dikenal publik. Serta membuka jalan menjadi penulis profesional.

Dikutip dari situs resmi DKJ disebutkan peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah. Syarat lainnya adalah naskah belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun, tidak boleh diikutsertakan ke dalam sayembara serupa.

Syarat yang tak kalah penting adalah naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan tidak diatur temanya. Naskah pun harus karya asli, bukan saduran maupun jiplakan.

Aturan khusus lainnya adalah panjang karya adalah 40 ribu sampai 100 ribu kata dan diketik di halaman A4 dengan huruf Times New Roman ukuran 12. Empat salinan naskah yang dikirim peserta dapat dikirimkan ke alamat kantor DKJ di kawasan Jalan Cikini Raya, Jakarta.

Sebelumnya sejumlah penulis yang pernah mengikuti Sayembara Novel DKJ 2018 kini dikenal sebagai penulis profesional. Di antaranya adalah Ratih Kumala yang menang di Sayembara Novel DKJ pada 2003.

Di 2014 ada Mahfud Ikhwan, Bagus Dwi Hananto, Faisal Oddang, dan Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie yang dikenal sebagai penulis ‘Di Tanah Lada’. Jauh sebelum itu di tahun 1996 ada Ayu Utami yang turut menang.

Nantinya pemenang akan diumumkan saat Malam Anugerah Sayembara Novel DKJ 2018 pada November mendatang. (dtc/tea)

JOIN THE DISCUSSION