BNNP Gandeng Kaum Ibu Berantas Narkoba

Portaltiga.com, SURABAYA – Angka pengguna narkoba pada usia produktif di Jawa Timur (Jatim) cukup memprihatinkan. Dari data Direktorat Reskoba Polda Jatim, dalam kurun waktu dua bulan, Januari – Februari 2016, tercatat penyalahguna narkoba dari kalangan pelajar dan mahasiswa sebanyak 1052 orang.

Angka tersebut, masing masing sebanyak 180 pelajar tingkat SD, sebanyak 245 pelajar tingkat SMP, 603 pelajar tingkat SMA, dan 24 mahasiswa terjerat kasus narkoba.

Kepala Badan Narkotika Nasional Propinsi (BNNP) Jawa Timur – Brigjen Pol Sukirman mengharapkan para pelajar yang merupakan generasi penerus bangsa tidak semakin banyak yang terjerat narkoba.

“Saya mengajak ibu ibu berperan aktif di lingkungan masing masing,” ungkap Brigjen Pol Sukirman, pada acara sosialisasi pencegahan narkoba di Surabaya, Selasa (19/4/2016).

Kali ini, BNNP Jatim menggandeng Aliansi Perempuan Indonesia Membagun Bangsa (API) untuk meningkatkan pengetahuan kaum perempuan khususnya para ibu. Sehingga diharapkan, mereka menjadi benteng pertahanan bagi anaknya.

“Ibu ibu adalah pondasi awal untuk memberikan penyuluhan, penjelasan, membentengi anak anak sendiri, yang berdekatan dengan anak anak,” ujar Sukirman.

Sementara itu, Prof. Emy Susanti – Ketua API menyambut baik upaya BNNP Jatim yang menggandeng kaum ibu dalam rangka pencegahan, pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba. Mengajak masyarakat untuk turut berperan, menurutnya adalah langkah efektif.

“Satu satunya adalah lewat jalur keluarga, dan keluarga itu paling efektif. Karena keluarga unit sosial terkecil menanamkan nilai nilai,” kata Prof. Emy.

Dijelaskannya, selama ini upaya pencegahan lewat sekolah terbukti belum efektif. Kemudian lewat pendekatan olah raga, tambah Prof. Emy juga belum efektif, karena tidak semua orang menyukai olah raga.

JOIN THE DISCUSSION