Aymeric Laporte Segera Menjadi Milik Manchester City

Portaltiga.com – Keinginan klub raksassa Liga Inggris Manchester City untuk merekrut pemain belakang baru, Aymeric Laporte tinggal selangkah lagi. bek Bek Athletic Bilbao itu bakal ditebus dengan mahar 65 juta euro.

City memang belakangan mengincar bek tengah. Sempat dikaitkan dengan Virgil van Dijk dan Jonny Evans, The Citizens pada akhirnya lebih memilih Laporte.

Laporte punya klausul rilis yang berada di angka 65 juta euro. Bilbao sudah mengonfirmasi bahwa klausul itu telah ditebus, meski tak sedikitpun menyinggung-nyinggung City.

AS melaporkan bahwa City tak cuma akan mengeluarkan 65 juta euro, melainkan plus satu juta euro untuk pembayaran solidaritas. Biaya ekstra ini wajib dilakukan City untuk menghargai usaha Bilbao memoles si pemain.

Artinya City akan mengeluarkan 66 juta euro atau sekitar Rp 1 Triliun untuk bek 23 tahun tersebut. Datangnya Laporte bakal membuat lini pertahanan City semakin kental dengan wajah baru.

Sebab di musim panas lalu saja, sudah ada empat pemain bertahan yang datang. Mereka adalah Ederson Moraes (kiper), Kyle Walker (bek kanan), serta Danilo dan Benjamin Mendy (bek kiri).

Untuk mendapatkan empat pemain tersebut, City mengeluarkan 178,5 juta euro. Ditambah dengan transfer Laporte, maka City menghabiskan 244,5 juta euro atau Rp 4 Triliun hanya untuk memoles pertahanan.

Musim ini City cuma mendatangkan satu nama yang bukan pemain bertahan, yakni Bernardo Silva. Silva direkrut dengan banderol 50 juta euro, yang artinya City mengeluarkan total 294,5 untuk transfer pemain, atau sekitar Rp 4,8 Triliun, hanya di musim ini.

Angka itu belum termasuk biaya yang dikeluarkan City untuk mendatangkan pemain-pemain muda. Media Spanyol, AS, mencatat bahwa total musim ini Pep Guardiola menghabiskan 313 juta euro atau Rp 5,1 Triliun untuk belanja pemain.

Jika ditotal jumlah biaya yang dikeluarkan City untuk membangun tim di bawah Guardiola, maka angka yang didapatkan adalah 526 juta euro atau Rp 8,7 Triliun. Sebagian besar dana tersebut dikeluarkan untuk pemain-pemain bertahan, dengan total biaya 318 juta euro atau sekitar Rp 5,2 Triliun. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION