Atasi Kekeringan, Pemprov Jatim Bangun Sumur Dalam Di 222 Desa

12/09/2017
17 Views

Portaltiga.com – Pembangunan sumur air dalam akan dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim sebagai solusi untuk mengatasi kekeringan. Sumur air dalam akan dibangun di 222 desa dari 422 desa di 23 Kabupaten/Kota yang mengalami kekeringan di tahun 2017.

Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan tahun ini, pemprov akan membangun sumur air di 222 desa. Sementara untuk 200 desa lainnya tidak bisa dibuatkan karena lokasinya di puncak gunung.

“Pemprov juga akan memasang saluran pipa-pipa air dari sumur ke warga. Dana sebesar Rp 52 miliar telah disiapkan untuk pembangunan ini,” ujarnya kepada wartawan di Surabaya, Selasa (12/9).

Sedangkan untuk 200 desa yang tidak bisa dilayani sumur air dalam, Pemprov akan bekerjasama dengan PDAM untuk melakukan droping air. “Bersama PDAM, kita akan mendroping air ke warga,” ucapnya.

Kekeringan tahun ini, menurutnya, tidak separah kekeringan di tahun 2015. Saat itu, sebanyak 541 desa dilanda kekeringan. Akibatnya, warga kekurangan air bersih.

Sedangkan, kekeringan kali ini mulai membuat warga kekurangan air bersih, namun sungai-sungai besar terpantau masih mampu mengaliri persawahan. “Jadi, kekeringan kali ini belum begitu menggangu pertanian,” tegasnya. (Bmw)

Leave A Comment