portaltiga.com
Headline Umum

Dishub Jatim Wacanakan Pembangunan LRT Gerbang Kertasusila

Portaltiga.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Pemprov Jatim mempunyai wacana membangun transportasi massal Light Rail Transit (LRT). Rencananya, LRT ini akan melintasi wilayah Gerbang Kertasusila dengan rute mulai dari Lamongan – Gresik – Surabaya – Sidoarjo – Mojokerto.

Kepala Dishub Jatim Fattah Jasin mengatakan, Jatim sudah saatnya memiliki transportasi massal LRT, seperti yang ada di Jakarta dan Palembang. Karena dalam sehari, ada sekitar 10-12 juta penduduk yang melakukan mobilitas di wilayah Gerbang Kertasusila.

Dengan begitu, kehadiran angkutan massal ini dianggap mampu mendukung kelancaran sirkulasi tersebut.

“Menurut saya, sudah saatnya. Sudah hampir 10-12 juta orang yang bergerak di wilayah Gerbang Kertasusila. LRT ini akan sangat membantu untuk pergerakan orang,” kata dia, Selasa (5/3/2019).

Fattah menambahkan, mobilitas LRT ini nantinya akan sangat tinggi daripada jenis kereta lain. Sehingga, akan membutuhkan jalur terpisah. Namun, dia belum bisa memastikan apakah jalur LRT ini akan dibangun sebidang atau elevated (melayang).

Meski demikian, dia mengaku bahwa dokumen-dokumen perencanaan terkait LRT sudah ada. Saat ini, pihaknya masih menunggu persetujuan dari Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan yang memiliki kewenangan dalam pengoperasian maupun pembangunan.

“Banyak konsep sebenarnya, tapi belum bisa dipastikan. Dokumen perencanaan sudah ada, tinggal nunggu persetujuan pemerintah,” kata dia. (ssn/abi)

Related posts

Wagub: Startup Teknologi Dorong Perekonomian Rakyat

admin

RPJMD Jatim 2019-2024 Telah Disahkan

admin

Jelang Ramadhan, Soekarwo Jamin Stok Bahan Pokok di Jatim Aman

admin