Politika

PDI Perjuangan Usung Ganjar Capres 2024, Ini Reaksi Jokowi

Portaltiga.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi dan menghargai keputusan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo sebagai capres yang akan diusung PDI Perjuangam di Plpres 2024 mendatang.

Jokowi yang harus rela berangkat ke Istana Batutulis Bogor dari Solo guna mendampingi Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri mengumumkan capresnya, tampak menunjukkan raut wajah senang dengan keputusan Megawati itu.

"Saya sangat mengapresiasi, saya sangat menghargai keputusan ibu Megawati Soekarnoputri Ketua Umum PDI Perjuangan yang baru saja mengumumkan keputusannya bakal calon presiden yang diajukan oleh PDIP yaitu Bapak Ganjar Pranowo," ujar Jokowi di Istana Batutulis yang disiarkan secara langsung, Jumat (21/4/2023).

Menurut Jokowi, Ganjar merupakan kader PDIP yang dekat dengan rakyat dan selalu turun ke bawah. Dia mengungkapkan pergantian pemimpin tidak boleh membelokan segala keerlanjutan bangsa Indonesia.

"Pak Ganjar ini adalah pemimpin yang dekat dengan rakyat selalu turun ke bawah dan sangat ideologis. Saya ingin menegaskan bahwa suksesi kepemimpinan nasional secara demokratis adalah keharusan sesuai perintah UUD kita, tetapi pergantian pemimpin tiak boleh membelokan keberlanjutan-keberlanjutan bangsa Indonsia yang harus terus diolanjutkan dari waktu ke waktu," jelasnya.

Jokowi mengatakan pemimpin yang baru nantinya haru melanjutkan program unggulan yang telah dicanangkan demi terciptanya kesejahteraan yang adil dan merata.

Baca Juga : Puan Berpakaian Serba Hitam Bacakan 17 Sikap Politik PDIP di Rakernas V, Petanda Apa?

Pemimpin yang baru lanjutnya harus terus melanjutkan visi bangsa dan progran-program unggulan yang telah dicanangkan, ideologi, pancasila, persatuan dan kesatuan serta toleransi dan kebersamaan harus menjadi pondasi bangsa Indonesia.

"Kesejahteraan yang adil dan merata, pembangunan yang Indonesia sentris harus menjadi semangta program pembangunan nasional," ungkapnya.

"Kemandirian nasional berdikari dan kepemimpinan Indonsia di masyrakat global harus tercermin dalam sikap pemimpin untuk memperjuangkan kepentingan nasional," imbuhnya.

Baca Juga : Puan Meneteskan Air Mata saat Baca Rekomendasi Rakernas V PDI Perjuangan

Seperti yang telah di beritakan, Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Pengumuman penunjukan ini Megawati sampaikan dalam konferensi pers secara daring yang dilaksanakan di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/04/24).

"Tepat jam 13.45, dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk dicalonkan Partai sebagai calon presiden Republik Indonesia dari PDI Perjuamgam di Pilpres 2024 mendatang," ujar Megawati Soekarnoputri. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait