• Minggu, 04 Des 2022 02:28 WIB

Pembukaan Porwanas XIII Malang Bikin Ketua DPRD Jatim Takjub

Pembukaan Porwanas XIII Malang Bikin Ketua DPRD Jatim Takjub

Portaltiga.com - Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) XIII 2022 dibuka secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Gedung Cakrawala Kampus Universitas Negeri Malang (UNM), Senin (21/11/2022) malam.

Perhelatan besar ini juga dihadiri Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Ketua DPRD Jatim Kusnadi, Bupati Malang , walikota Malang, Ketua PWI Pusat Atal Depari, Ketua Siwo PWI Pusat Gungde Ariwangsa, Tokoh Pers Dahlan Iskan, Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim dan Ketua PWI se-Indonesia serta seluruh kontingen pada Porwanas XIII 2022.

Yang menarik meski juga hadir sebagai tamu kehormatan, Ketua DPRD Jatim Kusnadi MH MHum, tetap ikut memimpin tim Porwanas Jatim berdevile dihadapan tamu undangan yang memenuhi Gedung Cakrawala UNM. Politisi PDIP yang didapuk sebagai Panglima tim Porwanas Jatim tanpa canggung berjalan memimpin kontingen Jatim.

Ketua DPD PDIP Jatim ini tampak bangga berada di barisan paling depan diikuti atlet waratawan Jatim yang ikut berdevile. Para tamu undangan yang hadir pun bertepuk tangan memberikan semangat Kusnadi berjalan memimpin devile.

"Secara psikologis manusia butuh dua hal yaitu asupan untuk fisikdan asupan rohani. Kalau dia terus bekerja saja, tapi rohaninya batiniahnya gak ada hiburan, itu kan ya kasian banget, jadi ini kegiatan yang bagus," kata Kusnadi ditemui di sela sela acara pembukaan Porwanas.

Politisi yang sangat dekat dengan wartawan ini tampak menikmati acara demi acara yang disajikan oleh Panitia Porwanas yang selain devile peserta wartawan dari Aceh hingga Papua ini, juga menampilkan tarian kolosal oleh tuan rumah dengan judul "Journey of Nusantara", komedian Cak Lontong Cs hingga suasana heboh dan meriah penampilan penyanyi Denny Caknan.

Ditanya tentang suasana opening ceremony Porwanas ini, Kusnadi mengaku kaget dan tidak percaya wartawan bisa membuat acara semeriah malam ini.

"Pembukaannya luar biasa meriah, gak percoyo wartawan isok gawe ngene loh (gak percaya ternyata wartawan bisa bikin acara seperti ini) " kata Kusnadi sembari tertawa puas.

Khusus untuk tugas wartawan sebagai jurnalis, Kusnadi sangat berharap ditahun politik saat ini wartawan akan menampilkan tulisan tulisan yang mampu memberi informasi yang benar dan baik.

"Di tahun politik ini kami berharap wartawan bisa membangun mindset dengan tulisan-tulisannya yang diikuti masyarakat. Yang memberi penjelasan yang baik bagi masyarakat, yang tidak membuat polarisasi yang hanya menyebaBkan perselisihan yang tidak perlu bagi kita semua," harapnya.

Khusus untuk tim Porwanas Jatim, Kusnadi mengajak untuk menjadi tuan rumah yang baik untuk para kontingen yang bertanding.

"Mari kita semua ini menjadi tuan rumah dan kita memberikan pelayanan. Tentang prestasi, kita tidak perlu juara umum tapi di semua Cabor kita dapat emas. Jadi targetnya bukan juara umum tapi targetnya semua Cabor mendapatkan emas," harap Kusnadi.

Sementara itu, Menpora Zainudin Amali dalam sambutannya menyebut kehadirannya mewakili Presiden Jokowi yang sedang ada agenda kenegaraan.

"Salam hangat dari Bapak Presiden (Jokowi, red) dan pemerintah mengapresiasi PWI sudah melaksanakan Porwanas XIII. Khususnya kepada Pemprov Jatim yang sudah menjadi tuan rumah, saya kira ini adalah kolaborasi yang sangat bagus antara PWI, Pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh jurnalis," katanya.

Kepada PWI dan SIWO PWI, Menpora Zainudin Amali menyarankan gelaran Porwanas ini dipersingkat menjadi tiga tahun sekali yang sebelumnya digelar empat tahunan.

"Saya kira kalau boleh dipersingkat lagi menjadi 3 tahun. Agar ajang bertemunya jurnalis dari pelbagai media di seluruh Indonesia bisa bersilaturahmi dan juga berolahraga," terangnya.

Ia menuturkan, olahraga bukan hanya membugarkan masyarakat Indonesia tapi juga mendorong pertumbuhan ekonomi. Porwanas dikatakan secara tidak langsung ikut berperan mengajak masyarakat begerak untuk menjaga kebugaran. 

Terlebih, lanjut Menpora, para atletnya seorang wartawan. Karena itu dikatan bahwa hal ini sejalan dengan program pemerintah lewat Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Oleh karena itu, dengan adanya Porwanas ini dapat menyosialisasikan DBON ke seluruh Indonesia," jelasnya.

Menurutnya, sejak Indonesia merdeka, baru sekarang ada DBON ini. Ia berharap, pada tahun 2045, tepatnya seratus tahun Indonesia merdeka, Indonesia bisa berada di peringkat 10 besar dunia. 

Namun, kata Zainudin Amali, saat ini olahraga masih belum menjadi utama di Indonesia.

"Kepedulian kita terhadap olahraga belum seperti sektor yang lain. Ibarat makanan, olahraga masih kita tempatkan sebagai menu pembuka dan penutup, kita belum bisa menempatkan sebagai menu utama," tuturnya.

Sementara, Plt Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak yang mewakili Gubernur Khofifah menyampaikan sebagai tuan rumah Porwanas XIII Malang Raya, tentu sangat berharap tamu yang hadir di Malang bisa menikmati pertandingan.

“Selamat datang di Jatim dan selamat bertanding. Saya berharap seluruh kontingen yang hadir di Malang nyaman. Tetap junjung sportivitas semoga lancar dan sukses atas pertandingannya," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat H. Atal S Depari mengaku sangat senang melihat wartawan bertanding pada Porwanas ini. Dikatakannya, atlet yang ikut Porwanas ini adalah atlet yang sudah kompeten dan bersertifikasi.

Menurutnya, Porwanas XIII ini, adalah ajang yang sangat ditunggu-tunggu oleh para wartawan. Karena pelaksanaan Porwanas ini sudah 6 tahun tidak diselenggarakan.

“Saya harap mereka memeragakan permainan yang sportif. Porwanas ini adalah iven yang sangat dinantikan atlet-atlet porwanas, karena sudah 6 tahun tidak dilaksanakan,” ujar Atal dalam sambutannya.

Ketua Penyelenggara Porwanas XIII 2022 Ketua PWI Jawa Timur, Lutfi Hakim menyampaikan ini adalah kedua kali Jawa Timur menjadi tuan rumah.

Sebelumnya dilaksanakan tahun 1990, terimakasih atas kehadirannya di jawatimur dan kususnya di Malang untuk mengikuti kegiatan ini.

“Selamat bertanding dan bersilaturahmi dengan teman wartawan seluruh Indonesia. Semoga sukses selalu dan tetap saling sportif," jelasnya.

Terakhir, Lutfi Hakim berharap semoga melalui gelaran Porwanas ini, menjadikan komunikasi pihak pemerintah dengan wartawan makin bersinergi yang positif. Untuk tuan rumah tentu gelaran ini akan berdampak positif terhadap berbagai macam sektor termasuk sektor pariwisata. (ars/abi)