• Minggu, 27 Nov 2022 05:15 WIB

Kelas Inspirasi SMAN 2 Pare, Wara Minta Pelajar Tiru Ajakan Bung Karno

Kelas Inspirasi SMAN 2 Pare, Wara Minta Pelajar Tiru Ajakan Bung Karno
Wara Sundari saat di SMAN 2 Pare. (Foto: ist)

Portaltiga.com - “Gantung kan cita-citamu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit. Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.”

Begitulah pesan Ketua Komisi E DPRD Jatim, Wara Sundari Renny Pramana mengutip ucapan Soekarn, saat menjadi pemateri pada Kelas Inspirasi di hadapan siswa-siswi SMA Negeri 2 Pare, Kabupaten Kediri, Jumat (2/9/2022).

Menurut Bunda Wara, para pelajar diminta merenungi kata-kata bijak Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno soal cita-cita.

"Membangun mimpi, harus banyak bermimpi dan semangat untuk mewujudkan mimpi menuju cita-cita kita kelak. Karena mimpi sebagai bintang penuntun mewujudkan cita-cita," ujarnya.

Pelajar dan generasi muda di dunia ini, kata Bunda Wara, umumnya pasti mem­punyai mimpi dan cita yang ingin dicapai. Kumpulan dan tum­pukan harapan tertulis di daftar kehidupan yang ingin diwujudkan.

"Nah, dalam upaya mewu­judkan mim­pi-mimpi itu, perlu mem­bangun peta konsep yang baik dan stra­tegi jitu mengejar dan menja­dikan
cita-cita di depan mata," pesannya.

Politisi PDI Perjuangan ini memberikan arahan mengenai cita-cita anak sejak dini, sesuai dengan keinginannya. Agar kelak tahu minatnya sendiri sehingga pendidikan mereka tidak terancam putus di tengah jalan.

"Banyak anak yang kini terancam putus sekolah, bahkan tidak pernah menyelesaikan jenjang pendidikan menengah, apalagi pendidikan tinggi karena tidak memahami apa yang mereka inginkan dan bagaimana cara menempuh cita-cita tersebut," terangnya.

Menurut dia, cara menempuh cita-cita tersebut, antara lain anak sedini mungkin diarahkan tentang cita-ciatanya agar mereka mengetahui dan memahami apa yang perlu dilakukan untuk meraih cita-cita tersebut sejak sekarang. (gbs/abi)