Akan Lewati Mojokerto Hari ini, Hindari Jalan Ini

Portaltiga.com – Demi melancarkan jalannya ajang balap sepeda Tour de Jatim, pihak kepolisian akan menutup sejumlah jalan nasional di Kota dan Kabupaten Mojokerto akan ditutup total, selama kegiatan Tour de Indonesia berlangsung.

AKP Nokta Hiskaris Suzan Kasatlantas Polres Mojokerto mengatakan rute yang akan dilewati peserta Tour de Indonesia berawal dari perbatasan Trowulan, simpang tiga Lengkong, simpang tiga Kedungmaling, simpang tiga Jampirogo, Jalan Rajasanegara, Jalan Jaya Negara, Jalan Pahlawan dan berakhir di depan kantor Pemkot Mojokerto di Jalan Gajah Mada.

Diprakirakan, peserta Tour de Indonesia akan masuk ke perbatasan Trowulan pada pukul 16.00 WIB. Nokta mengatakan jalur mulai disterilkan oleh polisi sekitar 45 menit, sebelum peserta memasuki wilayah perbatasan Mojokerto.

“Satu jam sebelumnya, petugas sudah menempati pos keamanan masing-masing. Nanti sekitar setengah jam atau 45 menit sebelum peserta masuk perbatasan, kita akan tutup total. Jadi, selama itu, pengguna jalan tidak diizinkan untuk melalui jalur tersebut,” kata dia, Jumat (26/1/2018).

Menurut Nokta, kecepatan para peserta Tour de Indonesia saat melewati rute sekitar 70-80 km per jam. Sehingga diperkirakan, estimasi waktu perjalanan untuk melintasi Mojokerto mulai dari perbatasan hingga di tempat finish sekitar 45 menit.

Nokta mengatakan untuk melakukan pengamanan kegiatan Tour de Indonesia, pihaknya telah melibatkan sejumlah personel dari berbagai instansi, diantaranya 213 personel Polri yang terdiri dari satuan lalu lintas, Polsek jajaran dan Unit Sabhara, 20 personel TNI, 20 personel dari Dishub serta 20 anggota Satpol PP.

“Para personel gabungan nantinya akan disebar untuk menjaga semua persimpangan dan sepanjang rute yang dilalui. Setidaknya ada 130 titik yang akan kami amankan,” kata dia.

Sementara untuk pengguna jalan, kata Nokta, akan dialihkan oleh polisi untuk melintasi sejumlah jalan alternatif yang bisa dilalui untuk menghindari penutupan jalur nasional. Nokta juga mengtatakan bahwa pihaknya telah menyediakan rest area bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat selama kegiatan berlangsung.

“Kami minta kepada masyarakat untuk turut mendukung acara ini dan memaklumi, bahwa jalur kita sterilisasi sekitar 45 menit. Jadi kami harap, masyarakat bisa menaati imbauan petugas, agar acara ini terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (ssn/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION