portaltiga.com
Headline Umum

Masyarakat Tapal Kuda Waspasdai Angin Kencang

Portaltiga.com – Masyarakat di wilayah Tapal Kuda hendaknya lebih waspada hari ini, Selasa (19/11/2011). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi akan terjadi angin kencang di Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso.

Peringatan BMKG ini juga berlaku untuk Pulau Jawa dan Sumatera. Ada potensi terjadinya hujan dengan petir dan angin kencang di beberapa wilayah Indonesia.

“Waspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hari di wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, Situbondo dan Bondowoso,” tulis BMKG dalam laman www.BMKG.go.id pada Selasa dini hari.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang juga diperkirakan terjadi di beberapa daerah di wilayah ibu kota DKI Jakarta, yakni Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada sore hari.

Di Pulau Sumatera, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang diperkirakan terjadi di wilayah Aceh Selatan, Aceh Singkil, serta Aceh Tenggara.

Di Provinsi Bengkulu, hujan lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi terjadi di wilayah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu Utara, Lebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, dan Seluma.

Untuk wilayah Jambi, BMKG memperkirakan hujan lebat dan petir serta angin kencang terjadi di Kabupaten Kerinci, Kota Sungai Penuh, Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Merangin, Kabupaten Bungo, Kabupaten Batanghari, Kabupaten Tebo, Kabupaten Muaro Jambi, Kota Jambi, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Hujan di sejumlah kawasan di Provinsi Jambi diperkirakan terjadi sejak Selasa siang.

Kondisi cuaca serupa juga diperkirakan terjadi di kawasan Sumatera Selatan.

“Waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang dan malam hari di wilayah OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih, Musi Rawas, dan Musi Rawas Utara.”

Cuaca hujan lebat disertai petir dan angin kenang juga menjangkau daerah kepulauan, yakni Pulau Bangka-Belitung. Provinsi ini diperkirakan diguyur hujan pada Selasa siang di daerah Bangka Selatan, dan Belitung.

Selain Pulau Sumatera dan Jawa, hujan lebat beserta angin kencang berdurasi singkat diperkirakan terjadi di Pulau Kalimantan.

“Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas sedang hingga lebat yaitu di sebagian wilayah Mempawah, Ketapang, Pontianak, Kubu Raya, dan Melawi,” demikian penjelasan peringatan dini BMKG untuk wilayah Kalimantan Barat.

Sementara di Provinsi Kalimantan Utara, hujan sedang hingga lebat disertai petir akan terjadi di wilayah Krayan Selatan dan Bahau Hulu pada Selasa sore. (ant/abi)

Foto: Ilustrasi

Related posts

PVMBG Imbau Warga Tak Dekati Aliran Sungai

admin

BMKG Imbau Warga Surabaya Waspadai Hujan Petir dan Angin Kencang

admin

Bencana di Jawa Timur Didominasi Angin Kencang

admin