Politika

KPU Jatim Buat Rekor Baru Lagi, Berhasil Coklit Satu Juta Pemilih Dalam Satu Hari

Portaltiga.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jatim melaksanakan tahapan Pilkada Pencocokan dan Penelitian (Coklit) serentak satu juta daftar pemilih. Dalam Coklit kali ini KPU Jatim berhasil memecahkan rekor Muri.

Pelaksanaan dimulai selama sebulan dimulai pada 24 Juni-24 Juli 2024. Tahapan pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih menjadi tahap awal persiapan penyelenggaraan.

Ketua KPU Provinsi Jatim Aang Kunaifi mengatakan, petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) akan mendatangi rumah warga untuk mencocokkan data pada KTP elektronik dengan formulir model A-Daftar Pemilih.

“Prosesnya menggunakan aplikasi e-Coklit berbasis mobile, data pemilih yang akan di coklit sebelumnya telah terintegrasi dengan aplikasi sistem informasi data pemilih,” jelas Aang Kunaifi usai Meraih penghargaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di Hotel Majapahit, Senin, (24/06/24) malam.

Tahapan Coklit serentak satu juta pemilih dilaksanakan di seluruh 38 kab/kota Jawa Timur. Pilkada Serentak Nasional untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024 digelar pada 27 November 2024.

“Ketepatan pencocokan akan mendapatkan data pemilih valid dan memberikan kemudahan bagi pemilih ke TPS tersebut,” jelas Aang Kunaifi.

Aang Kunaifi menyampaikan kegiatan awal  tahapan pantarlih harus di publikasikan serta melibatkan masyarakat luas di dalam Pilkada 2024 mendatang.

“Tidak hanya mengandalkan sosialisasi saja, bentuk selebrasi serta parade ‘Pilgub Jatim Seneng Bareng’ diharapkan antusias masyarakat luas ikut terlibat,” ujar Aang Kunaifi.

Baca Juga : Hari Kesepuluh Coklit Pilkada 2024, 16 Juta Pemilih di Jatim Sudah Tercoklit

Ia menjelaskan puncak hari pertama dari coklit serentak satu juta pemilih Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2024 optimis memenuhi target pemilih.

“Diketahui dari sekitar 31 juta pemilih di Jawa Timur, dengan memiliki 116.962 Petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih). Jadi logikanya dalam sehari setiap pantarlih lakukan coklit 10 orang optimis bisa mencapai satu juta daftar pemilih,” jelasnya.

Melalui kegiatan gebyar coklit serentak satu juta pemilih, lanjutnya, KPU Provinsi Jawa Timur berharap ada atensi lebih luas keterlibatan masyarakat aktif mengikuti tahapan krusial awal hingga akhir di dalam menentukan jumlah TPS, jumlah logistik serta metode sosialisasinya dan keakurasian data pemilih tersebut.

Baca Juga : KPU Jatim Launching Pilgub Jatim, Kenalkan Jingle dan Maskot

“Melalui coklit, KPU Jatim berharap pantarlih dapat menghasilkan data pemilih yang berkualitas dan mutakhir,” ungkapnya.

Direktur museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Awan Raharjo mengatakan KPU Provinsi Jatim melakukan pemutakhiran data pada 24 Juni – 24 Juli 2024 melalui pencocokan dan penelitian (Coklit) di 38 kab/kota Jawa Timur telah mendapatkan atensi dari lembaga rekor muri yaitu mencatat dari satu juta pemilih di hari pertama pemutakhiran data pilkada 2024 di Provinsi Jawa Timur.

“Apresiasi penghargaan MURI bertujuan dalam rangka salah satunya yaitu memperbaiki data-data pemilih jika mendapat kekeliruan dan sebagai bahan untuk menyusun data pemilih sementara,” ujarnya.

Disamping itu, kegiatan yang diselenggarakan KPU Jatim dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Jawa Timur terlibat aktif dalam setiap tahapan Pilkada Jawa Timur.

“Kami mengajak seluruh masyarakat, mari kita kawal Pilkada 2024 serentak di 38 kab/kota se Jawa Timur sampai selesai dan sukses,” pungkasnya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg DPRD Provinsi Jatim Terpilih

Sebanyak 120 orang Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Periode 2024-2029 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) pada Selasa, 28 Mei 2024 pukul 10.00 WIB sampai dengan …

KPU Jatim Optimis Maksimalkan Dana Hibah Untuk Pilkada Jatim

KPU Provinsi Jawa Timur memastikan tahapan Pilkada Jatim tahun 2024 akan tetap berjalan lancar dengan suport dari anggaran hibah sebesar Rp.845 miliar. KPU Provinsi Jatim mengaku anggaran tersebut akan dimaksimalkan demi pelaksanaan Pilkada yang lebih …

Tidak Ada Calon Perseorangan di Pilgub Jatim

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur Jatim 2024 yang akan digelar bulan Nopember 2024 mendatang tidak akan diikuti oleh calon Independen atau Perseorangan. …