Advertorial

DPRD Usulkan Pemkot Fasilitasi Komputer Untuk RT

Portaltiga.com - Peran Rukun Tetangga (RT) dalam proses pendataan penduduk sangat penting. Salah satunya dalam proses administrasi kependudukan (adminduk). Untuk mendapatkan adminduk, misalnya Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) atau dokumen yang lain, diawali dari RT.

Tetapi dalam proses itu, RT belum disupport dengan fasilitas memadai. Di antaranya tidak semua RT memiliki perangkat komputer untuk mempermudah atau database pendataan warga.

Komisi A DPRD Surabaya Pertiwi Ayu Krishna mengusulkan agar Pemkot Surabaya merespons hal ini. Ia berharap RT se-Surabaya mendapatkan fasilitas perangkat komputer.

“Pengadaan komputer saat ini masih di tingkat RW, untuk RT ini sementara memang belum,” ujarnya.

Diterangkannya, di era digital pengadaan kebutuhan sarana komputer di tingkat RT sangat diperlukan. Menurutnya, tidak semua ketua atau pengurus RT yang memiliki komputer. Jika ada, barangkali adalah inventaris RT yang bersangkutan atau aset milik pribadi.

Karena kaitannya untuk mendukung program pemerintah, Pemkot Surabaya perlu memikirkan bahwa RT memerlukan perangkat komputer. “Karena keperluannya untuk pendataan warga,” jelasnya.

Baca Juga : Peringati HJKS ke-731, Setwan DPRD Surabaya Tampil Pakai Baju Adat di Zebra Cross

Lebih lanjut Ayu mengatakan, pengadaan komputer ini harus benar-benar yang mudah untuk dioperasionalkan. Ia pun berharap jika direalisasikan agar perangkat yang diberikan spesifikasinya yang bagus.

Sebab, selain agar awet, spesifikasi itu digunakan untuk menunjang kinerja. “Jadi harus benar-benar komputer ya,” tuturnya

Baca Juga : PDAM Surya Sembada Mau jadi Perumda Atau Perseroda?

Namun, tambah Ayu, Pemkot Surabaya juga perlu memberikan pelatihan. Sebab, ada kemungkinan pengurus RT belum maksimal mengoperasionalkan komputer. Bahkan tidak semua sumber daya manusia yang menjadi pengurus RT bisa mengoperasionalkan komputer.

“Jadi saya berharap ada pelatihan lebih dahulu, bagaimana cara mengoperasionalkan komputer di era digital ini,” terangnya.

Ayu menegaskan pihaknya akan mendukung anggaran pengadaan komputer. “Kita akan mensupport Pemerintah Kota Surabaya untuk pengadaan kebutuhan komputer RT ini,” pungkasnya. (adv/tea)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

DPRD Surabaya Bahas Pansus Raperda Badan Riset Dan Inovasi Daerah

Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Surabaya membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang perubahan ke dua atas Perda Kota Surabaya no 14 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kota Surabaya di ruang Komisi D DPRD Kota Surabay …