Kabar Kita

Keseruan Warga RT 3 Lebak Rejo Barikan Rayakan Malam Tahun Baru 20023

Portaltiga.com - Warga kampung RT 3 Lebak Rejo, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, mengisi malam pergantian tahun dengan menggelar barikan sekaligus serah terima jabatan pengurus kampung.

Dalam acara tersebut warga kampung membawa jajajanan untuk dimakan bersama. Acara diawali dengan doa bersama. Setelah itu, warga saling bertukar jajanan yang telah dibawa.

Warga kampung tampak guyup rukun menikmati makanan sederhana. Mereka bercengkrama di atas tikar atau karpet yang dibeber di jalan kampung.

"Barikan sudah menjadi tradisi di kampung kampung. Selain malam tahun baru, juga biasa dilaksanakan malam 17an," Ketua RT 3 RW 1, Kelurahan Gading, Kecamatan Tambaksari, Zaki, Sabtu (31/12/2022).

Baca Juga : Karang Taruna RT 3 Lebak Rejo Gelar Lomba Agustusan, Seru Rek!

Malam itu, Zaki sekaligus menerima jabatan sebagai ketua RT yang baru menggantikan Abdul Jamil.

Perlu diketahui, tradisi barikan secara bahasa kemungkinan berasal dari kata bara a-yabrau yang berarti bebas atau lebaran.

Baca Juga : Alif Komandani Karang Taruna RT 3 RW 1 Lebak Rejo

Dari asal kata tersebut dan dengan penyesuain lidah jawa akhirnya melebur menjadi Barikan, bisa juga hasil peleburan dari bariiu atau bariyyu yang bermakna yang bebas.

Barikan merupakan sebuah momen untuk mengenang kembali dan sebagai wujud rasa syukur masyarakat kepada Yang Maha Esa karena telah diberikan kemerdekaan sehingga bisa diberikan hidup tenang. (dwi/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait