• Senin, 30 Jan 2023 09:41 WIB

Semarak Pagelaran Pelajar Pancasila SMP Al Falah Deltasari

Semarak Pagelaran Pelajar Pancasila SMP Al Falah Deltasari

Portaltiga.com - Memasuki tahun kedua dalam menerapkan Kurikulum Merdeka, SMP Al Falah Deltasari kembali melaksanakan gelar karya dalam pembelajaran proyek kelas 7.

Gelar karya yang mengusung tema Pagelaran Pelajar Pancasila dengan topik pembelajaran Bhinneka Tunggal Ika “Indonesia Cultural Diversity” dilaksanakan dengan mewah dan meriah.

Alasan mengusung tema tersebut adalah agar siswa-siswi bangga dengan ragam budaya di Indonesia dan mampu menularkan keragaman budaya tersebut kepada generasi muda saat ini melalui berbagai macam toleransi dan rasa saling menghormati.

Pagelaran dilaksanakan di ballroom SMP Al Falah Deltasari dengan dihadiri oleh ratusan wali murid dan disuguhkan tampilan dan pajang karya dari puluhan siswa-siswi yang memukau.

“Tujuan dari pembelajaran proyek ini adalah meningkatkan semangat gotong royong, daya berpikir kritis, dan kemampuan kreatif siswa dengan tetap mengedepankan nilai akhlak mulai dan al-qu’an sebagai pedoman hidup,” ujar Rochma Wahyu Sri Widodo Lestari, S.Pd., ketua pelaksanaan kegiatan proyek.

Sejalan dengan penerapan kurikulum merdeka, Kusmanto Kepala SMP Al Falah Deltasari menambahkan bahwa adanya pagelaran ini bisa mengoptimalkan kemampuan siswa dari bidang bakat dan minatnya, sehingga fokusnya tidak hanya pada kegiatan kokurikuler saja.

Acara yang dimulai pukul 07.30 dibuka dengan lantunan ayat suci Alquran, sambutan, dan dilanjutkan dengan tampilan karya seni rupa dan musik hasil proses pembelajaran proyek. Tampilan diawali dengan tari Ratoh Jaroe yang berasal Aceh, dilanjutkan dengan presentasi unik dari kelas Rumah Adat Mbaru Niang yang berasal dari Pulau Flores, Rumah Adat Joglo dari Jawa Timur, serta Rumah Adat Apung dari Kalimantan Selatan.

Tak kalah memukau, tampilan tari daerah yang dibawakan oleh para siswa laki-laki membuat panggung SMP Al Falah Deltasari bersorai meriah. Berbagai karya mengagumkan juga ditampilkan dari kelas lukis yang mampu menghasilkan puluhan karya hanya dalam waktu 6 kali pertemuan.
Dilanjutkan dengan presentasi pembuatan sablon mug juga membuat kagum para undangan yang datang. Acara berlangsung meriah dengan dihiasi ragam tanya jawab wali murid yang hadir untuk mengapresiasi tampilan dan karya dari puta-putrinya.

Tampilan dari musik ensambel, vokal grup, dan musikalisasi puisi Bhinneka Tunggal Ika yang membuat nuansa dalam ballroom SMP Al Falah Deltasari penuh keceriaan dan kebersamaan. Pemberian ratusan bunga mawar dari siswa untuk guru dan orang tua menjadikan keharuan yang begitu nampak dari raut wali murid yang datang.

Kegiatan ditutup dengan nyanyian semua murid, semua guru di mana seluruh siswa dan guru menyanyi bersama di atas panggung sembari membawa bunga mawar yang menghiasi panggung SMP Al Falah Deltasari. (riri/abi)