Manfaatkan BUMDes Untuk Penuhi Kebutuhan Warga Desa

Portaltiga.com – Sudah saatnya masyarakat untuk saling gotong royong guna memenuhi kebutuhan pokok dalam menghadapi pandemi penyebaran virus corona (covid- 19).

Khusus masyarakat pedesaan haru mulai bergotong royong memanfaatkan potensi desa untuk memenuhi kebutuhan pokok warganya di saat alami kesulitan ekonomi yang berimbas pada kesulitan pangan imbas kebijakan pemerintah untuk memutus rantai penyebaran covid 19.

Hal ini dikatakan anggota DPRD Jatim Aufa Zhafiri di sela reses bertemu dengan 5 orang perwakilan masyarakat di Desa Majangtengah Kecamatan Dampit Kabupaten Malang, Minggu (5/4/2020).

Menurut Aufa, peran desa dengan memanfaatkan BUMDes yang dimiliki merupakan salah satu upaya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Dimana perekonomian harus berputar di desa sendiri sehingga bisa dijadikan salah satu senjata dalam mengatasi keterpurukan ekonomi yang terjadi saat ini akibat penyebaran virun corona.

“Desa harus bangkit bersama. Seluruh maayarakat jarus kita genjot untuk memanfaatkan potensi dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri,” ujarnya.

Dikatakan oleh anggota komisi B DPRD Jatim ini, mereka yang memiliki ternak ayam petelur, ternak ayam potong maupun mereka yang memiliki bahan bahan kebutuhan pokok bisa ditampung oleh BUMDes untuk bisa dibeli masyarakat setempat.

“Dengan begitu maka kebutuhan masyarakat di desa teraebut bisa terpenuhi. Sehingga saat kondisi seperti ini mereka tidak kekurangan bahan kebutuhan. Sebab sudah dipenuhi oleh desa itu sendiri,” ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Aufa juga mengatakan masyarakat saat ini sangat menantikan skema bantuan yang telah di sampaikan Presiden dalam mengatasi dampak penyebaran vitus corona ini.

Masyarakat, lanjutnya berharap agar bantuan tersebut segera dicairkan untuk bisa segera di manfaatkan oleh masyarakat. Sebab masyarakat saat ini merasakan dampak ekonomi dengan adanya pendemi virus ini.

“Nah bantuan tersebut yang saya harapkan nantinya harus benar benar berputar didesa sendiri dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Dan peran BUMdeslah yang bisa menjadi garda terdepan dalam menyiapkan keperluan kebutuhan masyarakat itu,” pungkasnya. (ars/abi)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION

Translate »