Gunung Agung Kembali Erupsi, Tak Ganggu Aktifitas Bandara

Portaltiga.com – Gunung Agung, Bali kembali mengalami erupsi sesaat, Senin (15/1/2018) pagi.Berdasarkan informasi dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, erupsi terjadi sekitar pukul 07.23 WITa. Ketinggian kolom erupsi antara 2.000-2.500 meter di atas puncak kawah.

“Erupsi disertasi asap dan abu vulkanik berwarna kelabu dengan tekanan sedang, intensitas sedang dan condong ke arah timur laut,” ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Sutopo, mengacu pada laporan PVMBG, erupsi hanya sesaat dan tidak menerus. Meski begitu aktivitas vulkanik terpantau masih cukup tinggi dengan level bahaya berada di radius 6 km dari puncak kawah.

Sutopo pun memastikan Bandara Ngurah Rai masih aman.

“Di luar radius 6 kilometer, kondisinya aman,” tutur Sutopo.

Terkait aktivitas di Bandara Ngurah Rai, Sutopo mengatakan abu vulkanik tak ada yang mengarah ke bandara.

“Kondisi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Internasional Lombok aman dan beroperasi normal,” jelas Sutopo.

“Hujan abu vulkanik tipis dilaporkan jatuh di beberapa desa seperti di Desa Kesimpar, Desa Datah Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Aktivitas masyarakat tetap berjalan normal. Masyarakat melihat erupsi Gunung Agung juga tidak panik,” bebernya. (dtc/tea)

berita terkait

JOIN THE DISCUSSION