portaltiga.com
Ekbis Headline

Harga Minyak Dunia Bergerak Variatif

Portaltiga.com – Harga minyak dunia bergerak bervariasi pada perdagangan Senin (15/11) waktu AS, karena investor mengkritisi pasokan minyak mentah. Investor bertanya-tanya soal permintaan yang mungkin tertekan oleh lonjakan harga energi dan meningkatnya kasus Covid-19.

Walhasil, harga minyak mentah Brent pengiriman Januari turun 12 sen atau 0,15 persen menjadi US$82,05 per barel. Sedangkan, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS untuk pengiriman Desember naik 9 sen atau 0,1 persen menjadi US$80,88 per barel.

John Kilduff, Mitra di Again Capital LLC New York, AS, mengatakan pada awal perdagangan, pasar minyak tadinya sempat memperhitungkan spekulasi bahwa Pemerintah Presiden Joe Biden mampu mengalahkan harga yang tinggi dengan melepas cadangan minyak AS.

Sayangnya, pasar skeptis, sehingga harga minyak mentah AS justru merangkak naik. “Pasar telah memperkirakan harga terlalu agresif, sehingga melepas SPR (cadangan minyak strategis AS) akan terjadi,” ujarnya dilansir Antara, Selasa (16/11/2021).

Baca Juga: Harga Minyak Dunia Melemah

Di sisi lain, dolar AS gagah perkasa mencapai level tertingginya dalam 16 bulan terakhir. Penguatan dolar AS terjadi terhadap mata uang utama lainnya dikarenakan investor khawatir tentang ekonomi global.

Akibatnya, harga minyak menjadi lebih mahal bagi pembeli yang menggunakan mata uang lainnya.

Sementara itu, Rystad Energy melihat indikasi permintaan minyak mentah mungkin melambat karena kenaikan kasus covid-19 di AS dan Eropa, termasuk laju inflasi di sejumlah negara.

Walaupun, negara-negara penghasil minyak, OPEC, telah memangkas permintaan minyak dunia untuk kuartal keempat hingga 330 ribu barel per hari.

“Pasar tidak khawatir dengan pasokan. Pedagang justru fokus pada dua faktor, yakni pasokan melimpah dan kasus covid-19 yang meningkat akan menekan permintaan,” terang Analis Pasar Rystad Energy Louise Dickson. (cnn/abi)

Related posts

Harga Minyak Dunia Menguat Tipis

admin

Aksi Investor Ambil Untung Tekan Harga Minyak

admin

Stok AS Naik Tajam, Harga Minyak Dunia Anjlok

admin