Politika

KPU Jatim Tetapkan 120 Caleg DPRD Provinsi Jatim Terpilih

Portaltiga.com - Sebanyak 120 orang Calon Terpilih Anggota Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Timur Periode 2024-2029 telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) pada Selasa, 28 Mei 2024 pukul 10.00 WIB sampai dengan selesai.

Penetapan dilaksanakan di Hotel Shangril-La, Jl. Mayjen Sungkono Nomor 120 Surabaya. Dengan dihadiri Ketua Partai Politik (parpol), pimpinan stakeholder, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) tingkat provinsi, Ketua dan Sekretaris KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Jatim, Choirul Umam mengungkapkan bahwa dari 120 kursi yang ada di DPRD Provinsi Jawa Timur, kursi terbanyak diraih oleh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakni 27 kursi.

“Posisi kedua diraih oleh dua partai, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan masing-masing 21 kursi,” ujarnya ditemui usai pelaksanaan Rapat Pleno.

Baca Juga : 3 Masalah BUMD Harus Diurai untuk Bisa Topang PAD Jawa Timur

Berikutnya diisusul oleh Partai Golongan Karya (Golkar) sebanyak 15 kursi, Partai Demokrat 11 kursi, dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) 10 kursi.

“Lalu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 5 kursi, Partai Amanat Nasional (PAN) 5 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4 kursi, serta Partai Solidaritas Indonesia (PSI) 1 kursi,” terang Umam.

Baca Juga : KPU Jatim Launching Pilgub Jatim, Kenalkan Jingle dan Maskot

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Aang Kunaifi selaku nahkoda KPU Jatim berharap dari 120 orang Calon Terpilih bisa membawa Jawa Timur lebih maju.

“Mudah-mudahan Calon Terpilih Anggota DPRD Provinsi dari 14 daerah di Jawa Timur bisa menjadi pemimpin yang membawa Jawa Timur lebih baik dan maju,” pungkasnya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

KPU Jatim Optimis Maksimalkan Dana Hibah Untuk Pilkada Jatim

KPU Provinsi Jawa Timur memastikan tahapan Pilkada Jatim tahun 2024 akan tetap berjalan lancar dengan suport dari anggaran hibah sebesar Rp.845 miliar. KPU Provinsi Jatim mengaku anggaran tersebut akan dimaksimalkan demi pelaksanaan Pilkada yang lebih …

Tidak Ada Calon Perseorangan di Pilgub Jatim

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pemilihan Gubernur Jatim 2024 yang akan digelar bulan Nopember 2024 mendatang tidak akan diikuti oleh calon Independen atau Perseorangan. …