Umum

Jatim Terbanyak Nasional Diterima SNBP, Ini Reaksi Khofifah

Portaltiga.com - Khofifah Indar Parawansa mengapresiai capaian membanggakan Jawa Timur yang kembali menjadi provinsi dengan jumlah siswa terbanyak lolos Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) masuk PTN tahun 2024.

Bahkan capaian ini mengukuhkan Jatim yang berhasil mempertahankan gelar sebagai provinsi dengan jumlah siswa terbanyak nasional yang diterima di seleksi masuk PTN tanpa tes selama lima tahun berturut-turut.

Berdasarkan data hasil SNBP tahun 2024, total ada sebanyak 24.423 siswa Jatim yang diterima PTN lewat jalur SNBP. Mereka berhasil dinyatakan masuk PTN tanpa tes dari total 100.981 siswa Jatim yang mendaftar.

Sebanyak 24.423 siswa Jatim yang lolos SNBP tersebut rincinya yaitu sebanyak 20.237 siswa diterima di PTN Akademik dan sebanyak 4.186 siswa diterima di PTN Vokasi.

“Alhamdulillah ini menjadi kabar yang menggembirakan bagi kita semua bahwa Jawa Timur kembali menjadi provinsi dengan jumlah siswa terbanyak diterima di PTN tanpa tes. Ini capaian yang berhasil dipertahankan selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2020 yang lalu,” tegas Khofifah yang merupakan Gubernur Jatim periode 2019-2024, Kamis (28/3/2024).

Lebih lanjut jika dilihat dari hasil SNBP tahun 2024, jumlah ini juga meningkat dibanding tahun 2023. Dimana tahun lalu jumlah siswa Jatim yang lolos jalur SNBP sebanyak 23.477. Artinya mengalami kenaikan sebanyak 946 siswa untuk tahun 2024 ini.

Baca Juga : Halal Bihalal IKA Unair, Khofifah Berpesan Seperti Ini

Tidak hanya itu, Khofifah menilai bahwa kualitas SDM lulusan SMA dan SMK Jatim juga terus meningkat. Hal ini terutama jika dilihat dari keketatan SNBP tahun 2024.

Misalnya dilihat dari SNBP untuk PTN Akademik, total ada sebanyak 90.292 siswa Jatim yang mendaftar SNBP dan yang lolos diterima ada sebanyak 20.237 siswa. Hal itu menunjukkan keketatan sebanyak 22,4%.

Berikutnya untuk hasil SNBP PTN Vokasi, total ada sebanyak 10.689 pendaftar dari Jatim dan yang berhasil lolos diterima ada sebabyak 4.186 siswa. Artinya keketatannya mencapai 30,16 persen.

Baca Juga : PDI Perjuangan Siap Bergabung di Gerbong Pengusung Khofifah

Dengan capaian ini, Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini menyampaikan apresiasinya pada seluruh guru, murid dan para orang tua wali murid atas seluruh kerja kerasnya dan upaya terbaik.

“Terima kasih pada seluruh guru, kepala sekolah, para siswa, dan juga wali murid atas seluruh usaha, dedikasi dan kerja kerasnya selama ini. Karena tentunya capaian ini adalah hasil dari proses yang sangat panjang,” tegas Khofifah.

“Dan Jatim bisa mempertahankan prestasi ini selama lima tahun berturut-turut juga menjadi bukti bahwa sejatinya apa yang kita lakukan selama ini sudah on the right track. Format pendidikan yang terlaksana dalam Jatim Cerdas telah membuahkan hasil yang maksimal dan mampu meningkatkan kualitas SDM khususnya lulusan SMA dan SMK Jawa Timur,” urainya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait