Umum

Siswa Jatim Terbanyak Diterima SNBP PTN, Untari: Bukti Komitmen Majukan Pendidikan Indonesia

Portaltiga.com - Provinsi Jawa Timur berhasil menempati posisi teratas nasional dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) pada tahun 2024.

Atas capaian tersebut, Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Dr. Sri Untari Bisowarno, M.AP., mengungkapkan rasa syukur dan kebanggannya terhadap para siswa yang berhasil mengukuhkan Jawa Timur sebagai daerah dengan kekuatan pendidikan tertinggi di Indonesia.

"Prestasi ini tidak hanya membanggakan, tetapi juga menggambarkan komitmen kuat Jawa Timur dalam memajukan pendidikan dan mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk masa depan bangsa," ungkap Sri Untari Bisowarno.

Menurut data resmi, pada tahun 2023, jumlah siswa Jawa Timur yang lolos jalur SNBP sebanyak 23.477. Namun, pada tahun 2024, dari total terdapat 100.981 siswa yang mendaftar SNBP dari Jawa Timur, ada 24.423 siswa yang berhasil lolos dan tersebar di berbagai program studi di PTN Akademik dan PTN Vokasi. Terdapat peningkatan sebanyak 946 siswa dari tahun sebelumnya.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 20.237 siswa diterima di PTN Akademik dari 90.292 pendaftar, sementara 4.186 siswa diterima di PTN Vokasi dari 10.689 pendaftar. Data tersebut menunjukkan bahwa Jawa Timur telah konsisten mempertahankan predikat sebagai provinsi dengan jumlah siswa terbanyak yang lolos SNBP selama lima tahun berturut-turut sejak tahun 2020.

Perempuan yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Jawa Timur ini menuturkan bahwa keberhasilan tersebut tidak dapat dipisahkan dari semangat belajar yang tinggi dari para siswa. Menurutnya, mereka telah menunjukkan dedikasi dan kerja keras yang luar biasa untuk meraih prestasi tersebut.

Baca Juga : Sekwan DPRD Jatim Bagikan 150 Paket Sembako

"Tentu saja, di balik kesuksesan para siswa, terdapat peran penting dari guru dan tenaga pendidik. Guru-guru kita memiliki tanggung jawab yang besar sebagai pembentuk karakter dan moral generasi bangsa. Dukungan dan bimbingan mereka sangatlah berarti bagi perkembangan siswa," tuturnya.

Selain itu, peran orang tua juga tidak kalah pentingnya dalam memberikan dukungan dan lingkungan belajar yang kondusif bagi anak-anak mereka. Karenanya, Sri Untari mengajak seluruh orang tua untuk terus mendukung dan mendorong anak-anak mereka meraih prestasi yang lebih tinggi di bidang pendidikan.

"Dalam era teknologi yang semakin maju, tantangan dalam dunia pendidikan pun semakin besar. Namun, kita percaya bahwa dengan semangat, dedikasi, dan kolaborasi yang kuat, kita adapat melahirkan generasi pemimpin yang hebat, tangguh, dan menjadi tauladan," ujar Sri Untari Bisowarno.

Baca Juga : Jatim Terbanyak Nasional Diterima SNBP, Ini Reaksi Khofifah

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur ini juga mengingatkan kepada seluruh kadernya, pesan Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Megawati Soekarnoputri yang senantiasa meminta para kader ataupun simpatisannya untuk peduli dan berusaha keras mengentaskan kemiskinan, melalui pendidikan.

"Kita semua, baik sebagai anggota DPRD, kader partai, maupun warga masyarakat, memiliki tanggung jawab yang sama dalam memajukan pendidikan di Jawa Timur. Mari kita terus bekerja keras dan berkolaborasi untuk menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi penerus bangsa," tegasnya.

Dengan semangat yang tinggi dan komitmen yang kuat, Sri Untari yakin Jawa Timur akan terus menjadi pionir dalam bidang pendidikan dan menghasilkan generasi-generasi yang unggul dan berkualitas untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait