Politika

PKB Raih 2 Kursi DPRD Jatim dari Dapil Sidoarjo

Portaltiga.com - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) diprediksi menjadi jawara di Jawa Timur mengalahkan PDI Perjuangan. Salah satu contohnya, PKB menjadi satu-satunya parpol yang meraih 2 kursi di Dapil Jatim II (Sidoarjo) untuk kursi DPRD Provinsi.

Penghitungan manual hasil pemilu 2024 DPRD Provinsi Dapil Jatim II yang mencakup seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo baru saja tuntas di tingkat Kecamatan. Hasil yang tercatat dalam Form DA itu selesai direkap dan masuk tahap penghitungan selanjutnya di tingkat Kabupaten.

Berdasarkan hasil rekap perolehan suara di tingkat Kecamatan tersebut, PKB menjadi pemenang Pemilu di Kabupaten Sidoarjo untuk kursi DPRD Provinsi Jawa Timur. PKB meraih total sebanyak 260.820 suara. Disusul Partai Gerindra 203.511 suara, PDI Perjuangan 114.703, Partai Golkar 90.898 disusul Partai Demokrat dengan 87.039 suara.

Dengan hasil tersebut, bila dihitung dengan sistem sainte lague maka PKB meraih 2 kursi. Kursi Pertama PKB diraih Incumbet suara terbanyak Hj Anik Maslachah 118.020 suara. Kemudian di kursi 2 diraih pendatang baru Sriatun yang juga Istri Wakil bupati Sidoarjo Subandi.

Baca Juga : Sekwan DPRD Jatim Bagikan 150 Paket Sembako

Peraih kursi Dapil Jatim II pendatang baru lainnya, ada nama Hari Yulianto (Keceng) dari PDI-P dan Dedi Irwansa dari Partai Demokrat. Dua kursi lainnya diraih oleh Adam Rusydi (incumbent) Partai Golkar dan dr Benyamin Kristianto dari Partai Gerindra.

Caleg DPRD Jatim Dapil II (Sidoarjo) Anik Maslachah, membenarkan jika PKB mendapatkan dua kursi. PKB adalah satu satunya partai pemilik 2 kursi di Dapil Jatim II. “Alhamdulillah, PKB di Dapil II meraih 2 kursi dari total 6 kursi yang tersedia,” jelas Anik yang juga Sekretaris DPW PKB Jatim ini.
Namun secara akumulatif di seluruh Jawa Timur, Anik memastikan PKB unggul di perolehan suara maupun kursi. Sehingga PKB menjadi Partai pemenang di Jatim mengungguli PDI Perjuangan. “Insya Allah, hasil perhitungan kami sementara ini Kursi DPRD Jatim dari PKB jumlahnya 27 kursi,” pungkas perempuan yang juga Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini.

Baca Juga : PKB Fokus Perkara Pilpres di MK, Pilgub Jatim Santai Dulu

 Daftar Peraih Kursi DPRD Jawa Timur Dapil Jatim II

1. Hj. ANIK MASLACHAH, M.Si.  : 118.020 suara
2. dr. BENJAMIN KRISTIANTO, M. Kes. : 77.462 suara
3. HARI YULIANTO : 34.864 Suara
4. ADAM RUSYDI, S.Pd. : 52.491 suara
5. DEDI IRWANSA, S.Pd. : 39.917 suara
6. dr. SRIATUN : 56.281 suara

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait