Advertorial

IPM Surabaya Naik, DPRD Beri Apresiasi

Portaltiga.com - Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Surabaya mengalami kenaikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Surabaya, selama 2020-2023, IPM Surabaya rata-rata meningkat sebesar 0,49 persen per tahun.

Pada tahun 2021, IPM di angka 82,31 dan tahun 2022 mencapai 82,74. Kemudian di tahun 2023, IPM Surabaya di angka 83,99.

Komisi A DPRD Kota Surabaya menyampaikan apresiasinya. Komisi bidang hukum dan pemerintahan ini menilai Pemkot Surabaya berhasil dalam peningkatan IPM.

"Peningkatan IPM ini adalah hasil nyata dari kegigihan dan keseriusan Pemkot Surabaya melaksanakan perencanaan pembangunan,” ungkap Ketua Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni.

Ia menyatakan menyambut baik langkah-langkah yang diambil Wali Kota Eri Cahyadi. Menurutnya, ada perubahan pendekatan di bawah kepemimpinan wali kota, yakni penanganan berbagai permasalahan kota dilakukan secara menyeluruh.

Baca Juga : Ketua DPRD Surabaya: Arif Fathoni Jabat Ketua Komisi A

Ia mencontohkan penanganan stunting. Persoalan itu ditangani mulai hulu hingga hilir sehingga penyelesaiannya tidak digarap secara terpisah-pisah.

“Selain itu, Pemkot Surabaya juga mampu mengakselerasi sinergitas antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” terangnya.

Baca Juga : Momen HJKS, Calon Pelayan Rakyat Dari Partai Golkar Surabaya Dapat Instruksi Ini

Meski demikian, Arif Fathoni menyatakan adanya tantangan yang perlu diatasi. Yakni sinergitas antar OPD itu harus mampu dijalin secara apik sehingga tidak ada ego sektoral.

“Peningkatan IPM juga harus diimbangi dengan pemahaman mendalam terhadap perubahan dan tantangan di masyarakat,” tambah politisi yang akrab disapa Toni ini.

Ke depan, Toni berharap peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat oleh Pemkot Surabaya harus terus diprioritaskan. Dengan memberi pelayanan publik terbaik, secara otomatis IPM Surabaya juga akan makin meningkat.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait