Politika

Debat Capres Ketiga Seru, Jubir AMIN di Jatim: Ada yang Sumbu Pendek

Portaltiga.com - Debat Capres ketiga 2024 berjalan seru dalam pertarungan adu gagasan. Pada sesi pertanyaan dan tanggapan, alur debat tambah memanas dan Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto terlihat emosi dalam memberikan jawaban.

Jubir AMIN di Jawa Timur, Fauzan Fuadi menuturkan, dirinya bangga dengan Capres Anies Baswedan yang dapat memaksimalkan waktu yang terbatas untuk memaparkan pemikiran dengan lugas dan elegan.

"Debatnya seru," kata Fauzan, Senin (8/1/2024).

Namun demikian ada beberapa hal yang ia sesali dalam debat tadi malam, khususnya soal sikap Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto yang dinilainya terkesan mengedepankan emosinya dibanding argumen epik saat disodorkan pertanyaan oleh Anies.

"Sayangnya ada yang sumbu pendek (cepat emosi)," jelasnya.

Ketua Fraksi PKB DPRD Jatim ini beranggapan, forum debat capres merupakan kesempatan emas untuk menampilkan performa yang baik dan membantah semua anggapan negatif dari masyarakat. Termasuk penilaian tempramen yang acapkali dialamatkan ke Prabowo.

Baca Juga : Prabowo Serahkan Rekom Gerindra pada Khofifah-Emil, Ingat Pesannya!

"Tujuan KPU menyelenggarakan debat apa? Ya adu gagasan, adu data, adu argumentasi. Supaya masyarakat bisa mengenali profil calon dan ide yang dibawa. Seharusnya tetap elegan, merespon dengan tenang," ujarnya.

Namun apa yang terjadi, lanjut Fauzan, Prabowo menilai Anies berambisi untuk menjadi presiden, bahkan menyebutnya menggunakan cara tak terpuji dengan mengadu domba masyarakat.

"Malah (Prabowo)mengatakan jangan karena ambisi menjadi presiden, lalu mengadu-domba rakyat," lanjutnya.

Baca Juga : Prabowo-Gibran Sah Menang 1 Putaran, Khofifah: Harus Bisa Diterima Semua Pihak

Melihat tanggapan Prabowo seperti demikian, Fauzan mengaku sangat lucu. Padahal jika dibuka kembali rekam jejaknya, kata ambisi itu seharusnya lebih tepat jika diarahkan ke Prabowo sendiri.

Pasalnya, Menteri Pertahanan tersebut tercatat sudah empat kali naik di podium debat, 2009 berpasangan dengan Megawati, 2014 bersama Hatta Rajasa, 2019 bergendeng dengan Sandiaga Uno dan pilpres kali ini 2024 berpasangan dengan Gibran Rakabuming Raka.

"Lho, ambisi itu kalau masuk gelanggang yang sama berkali-kali karena penasaran ingin menang, itu baru ambisi," pungkasnya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait