Politika

Demokrat Gembleng Koordinator Saksi di Jatim, Siap Rebut Kemenangan Pemilu 2024

Portaltiga.com - DPD Partai Demokrat Jatim menggelar bimbingan teknis untuk para koordinator saksi DPC Demoktar kabupaten/kota se-Jatim. Para kader partai berlambang bintang mercy ini digembleng selama dua hari di Leedon Hotel, Surabaya, Sabtu hingga Minggu (29-30/7/2023).

"Hari ini kita lebih serius. Kita melihat hari ini sangat solid, dan siap untuk menang di Jatim. Semua bergerak dengan progres yang luar biasa. Ini bisa dilihat dari kader-kader lama yang makin semangat membesarkan dan memenangkan Demokrat di Jatim pada Pemilu 2024," kata Sekretaris DPD Demokrat Jatim Reno Zulkarnaen.

Ketua Badan Koordinasi Saksi Nasional DPP Partai Andi Timo Pangerang yang hadir sebagai pemateri mengatakan kehadiran para saksi di TPS adalah sangat penting.

Sebab merekalah yang akan melakukan pengawasan, memantau dan merekam data hasil pencoblosan saat Pemilu.

"Nanti akan dibuat petunjuk aturan untuk saksi apa yang akan dilakukan, karena nanti setiap TPS harus ada saksi. Tim ini akan melakukan pengamanan dan pengawalan dari TPS hingga KPU kabupaten, provinsi dan pusat. Kita siapkan aplikasi untuk merekap hasil dari masing TPS," jelas Andi Timo.

Sementara itu Ketua Panitia Bimtek Jakfar Sodiq mengaku Tim Koordinasi Saksi Provinsi (DPD) sudah mengawal pembentukan BKSC (Badan Koordinasi Saksi Cabang) se-Jatim dan nantinya akan berkeliling untuk memberikan bimbingan teknis di kabupaten/kota.

"Setelah ini mereka (BKSC) yang kita training hari ini, akan keliling ke Kecamatan dan desa bersama kita untuk melatih para saksi-saksi," ungkap Jakfar.

Baca Juga : Eri-Armuji Terima Rekom Demokrat untuk Maju Pilwali Surabaya 2024

Tim ini akan bekerja secara terkoordinasi, setelah sebelumnya dinilai sporadis dan jalan sendiri-sendiri.

"Selama ini ketika saksi ini tidak terskema dan terstruktur dengan baik, banyak suara yang hilang. Karenanya kita sepakat membentuk badan saksi yang tugasnya mendata dan mengawasi hasil suara C1, agar tak lagi kejadian lalu suara kita hilang," tambahnya.

"Ini sudah berjalan 4 bulan. Jadi sekarang ini sifatnya pemantapan. Kami berharap secara institusi tiap TPS saksi, itu di luar relawan atau saksi yang disiapkan oleh calon anggota dewan,lanjut Jakfar.

Baca Juga : Peringati HJKS ke-731, Setwan DPRD Surabaya Tampil Pakai Baju Adat di Zebra Cross

Sekitar 120.800 lebih saksi disiapkan, dan saat ini sekitar 7431 TPS sudah siap saksi saksinnya dan terus progres untuk di update dengan target bulan Oktober selesai.

"Jawa Timur kita sadar adalah beattle ground pada Pileg 2024, maka hanya satu hal, kita siap untuk menang," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Bendahara Umum DPP Partai Demokrat Renville Antonio, Kepala Badadiklat DPP Iwan Rinaldo Syarief, Deputi Bidang Hukum DPP Muhaji SH, Bendahara DPD Partai Demokrat Jatim Agung Mulyono dan jajaran pengurus. Rangkaian acara akan ditutup Ketua DPD Partai Demokrat Jatim Emil Elestianto Dardak.

 

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait