Intermezzo

10 SMA Terbaik di Surabaya berdasarkan Nilai UTBK

Portaltiga.com - Dalam dunia pendidikan, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menjadi tolok ukur penting dalam mengevaluasi kemampuan siswa dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Hasil UTBK menjadi acuan dalam menentukan sekolah yang memberikan persiapan terbaik bagi siswa untuk meraih prestasi di tingkat perguruan tinggi.

Surabaya, sebagai salah satu kota pendidikan terkemuka di Indonesia, memiliki sekolah-sekolah yang berhasil mengantarkan siswanya meraih nilai UTBK yang membanggakan. Dalam artikel ini, kita akan melihat 10 sekolah terbaik di Surabaya berdasarkan nilai UTBK tahun 2022 lalu.

Dari hasil ini tentu sebagai wali murid dapat menjadi pertimbangan untuk menyekolahkan anaknya ke SMA yang terbaik di Surabaya. Berikut ini daftarnya yang dilansir dari LTMPT.

1. SMA Katolik St.Louis 1

Sekolah yang beralamat di Jl. Polisi Istimewa No.7, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya menempati posisi pertama di Surabaya sebagai SMA dengan nilai UTBK terbaik di tahun 2022 lalu. SMA Katolik St Louis 1 ini berhasil meraih nilai total 641,482.

Tak hanya terbaik di Surabaya, ternyata sekolah ini berhasil meraih peringkat 2 secara nasional. peringkat yang diraih SMA Katolik St. Louis ini naik 11 peringkat di tahun sebelumnya.

2. SMAN 5 Surabaya

SMAN 5 memang dari dulu telah terkenal melahirkan generasi yang terbaik. Berada di kawasan strategis komplek Jl. Kusuma Bangsa No.21, Ketabang, Kec. Genteng, Surabaya ini berhasil meraih peringkat kedua sekolah dengan nilai UTBK tertinggi tahun 2022.

Meski menjadi sekolah terbaik kedua, namun ternyata SMAN 5 Surabaya turun peringkat menjadi nomor 48. SMAN 5 turun 40 peringkat dari tahun sebelumnya.

di tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim), SMAN 5 masih menempati urutan 4. Total nilai SMAN 5 ini berhasil meraih 595,634

3. SMA Santa Maria

Pada urutan ketiga, ada SMAS Santa Maria yang berada di urutan 121 secara nasional. Sekolah yang beralamat di Jl. Raya Darmo No.49, Keputran, Kec. Tegalsari, Surabaya ini berhasil menanjak sebanyak 98 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

SMA Santa Maria berhasil meraih nilai total 572,753. Secara peringkat di Provinsi Jatim, SMA Santa Maria berhasil meraih rangking 8.

4. SMAN 15 Surabaya

SMAN 15 Surabaya menjadi sekolah dengan urutan keempat dalam daftar ini. Sekolah yang beralamat di Jl. Dukuh Menanggal Selatan No.103, Dukuh Menanggal, Kec. Gayungan, Surabaya berhasil mengumpulkan total nilai 566,644.

Sama seperti SMAN 5, SMAN 15 juga mengalami penurunan peringkat di tahun sebelumnya. Tahun 2021, SMAN 15 turun 54 peringkat dari sebelumnya dan membuatnya bertengger di posisi 148 secara nasional.

5. SMAN 2 Surabaya

Berada di kompleks yang sama dengan SMAN 5, SMAN 2 Surabaya berada di posisi kelima dalam peringkat ini. SMAN 2 berhasil meraih nilai total 566,601.

Baca Juga : Peringati HJKS ke-731, Setwan DPRD Surabaya Tampil Pakai Baju Adat di Zebra Cross

Dengan nilai itu, SMAN 2 Surabaya berada di posisi 149 secara nasional. SMAN 2 juga bernasib sama seperti SMAN 5 dan SMAN 15 Surabaya yang mengalami penurunan sebanyak 103 peringkat dari tahun sebelumnya.

6. SMAS Al Hikmah Surabaya

SMAS Al Hikmah berada di Jl. Kebonsari Elveka , Kebonsari, Kec. Jambangan, Surabaya. SMAS Al Hikmah Surabaya berhasil meraih nilai total 563,152.

Dengan nilai itu, SMAS Al Hikmah Surabaya pun merangkak naik 112 peringkat dari posisi di tahun sebelumnya. Di tingkat nasional SMAS Al Hikmah berhasil meraih posisi 179.

7. SMAN 6 Surabaya

Urutan ketujuh ditempati SMAN 6 yang berada di Jl. Gubernur Suryo No.11, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Surabaya. Sama seperti SMAN negeri sebelumnya, SMAN 6 juga mengalami penurunan peringkat sebanyak 112 peringkat.

Dengan nilai total 556,723, SMAN 6 Surabaya berhasil menempati posisi 228 secara nasional.

Baca Juga : Ribuan Buruh dan Mahasiswa Unjuk Rasa Depan Kantor Gubernur dan Gedung Grahadi

8. SMAN 16 Surabaya

SMAN 16 juga menjadi salah satu sekolah yang turut mengalami penurunan peringkat dari tahun sebelumnya. Berada di Jl. Raya Prapen No.59, Panjang Jiwo, Kec. Tenggilis Mejoyo, Surabaya SMAN 16 menempati posisi ke delapan terbaik di Surabaya dan 230 secara nasional.

SMAN 16 berhasil mengumpulkan total nilai 556,723. Dengan hasil ini, SMAN 16 telah turun 89 peringkat.

9. SMA Islam Terpadu Al Uswah

Di urutan kesembilan ada SMA Islam Terpadu Al Uswah yang berhasil meraih nilai total 555,238. Dengan hasil ini SMA yang beralamat di Jl. Medokan Semampir Indah No.127, Medokan Semampir, Kec. Sukolilo, Surabaya telah naik 77 peringkat.

Untuk tingkat Provinsi Jatim, SMA Islam Terpadu Al Uswah menempati peringkat ke 34. Sedangkan di tingkat nasional, menempati rangking 244.

10. MAS Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

Urutan terakhir dari daftar ini adalah MAS Unggulan Amanatul Ummah Surabaya yang berada di Jl. Siwalankerto Utara II, Siwalankerto, Kec. Wonocolo, Surabaya. MAS Unggulan Amanatul Ummah ini berhasil meraih nilai total 550,310.

MAS Unggulan Amanatul Ummah Surabaya ini terbilang sekolah dengan peringkat yang naik paling tajam, yakni 308 peringkat secara nasional. Berdasarkan data tersebut, MAS Amanatul Ummah Surabaya berhasil menempati posisi ke 274 secara nasional.

Itulah tadi 10 10 SMA Terbaik di Surabaya berdasarkan Nilai UTBK. Dengan artikel ini semoga dapat membantu orang tua yang ingin menyekolahkan anaknya di SMA sederajat terbaik di Surabaya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait