Umum

Hai Pengantin, Kini Ada Cara Paling Mudah Dapatkan Buku Nikah Hingga Akte Kelahiran di Surabaya

Portaltiga.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mengembangkan aplikasi Lontong Kupang yang terintegrasi KUA maupun tempat ibadah lain dalam mencatatkan pernikahan. Melalui aplikasi Lontong Kupang menjadi salah satu cara untuk mempermudah pelayanan bagi warga Surabaya dalam memperoleh tiga produk sekaligus, yaitu buku nikah, tambah jiwa dan akta kelahiran bagi anaknya.

Kadispenduk Capil Kota Surabaya Agus Imam Sonhaji mengatakan, untuk warga yang berstatus janda dan duda yang sudah pernah nikah, tapi sudah nikah lagi secara sirih. Kalau ingin mendapat buku nikah resmi, mereka cukup daftar melalui aplikasi Lontong Kupang di kelurahan.

"Intinya mendapatkan buku nikah resmi melalui sidang isbat, sekaligus mendapat pelayanan tambah jiwa dan akta untuk anaknya." terang Kadispenduk Capil, Jum'at (2/6/2023).

Nikah massal melalui aplikasi Lontong Kupang di Surabaya diadakan satu tahun dua kali, yakni di bulan Juni dan Desember. Untuk resepsinya cukup panggil hakim pengadilan agama (PA) untuk disidangkan.

Baca Juga : Komisi B Nilai Sidak Wali Kota Di KBS Sebagai Momentum untuk Perbaik Kinerja, Anas: Semoga PAD Parki

"Itu yang kita adakan untuk memudahkan pelayanan, mereka cukup datang dikelurahan. Untuk bulan Juni ini sudah ada 60 pasangan yang akan kita sidangkan." tambah Agus Sonhaji.

Kalau mereka tidak sabar, silahkan urus sendiri datang ke PA untuk sidang, kemudian ke KUA lalu baru ke Dispendukcapil.

Baca Juga : Puluhan Orang Demonstrasi di Kantor Pemkot, Ini Tuntutannya

Dengan adanya aplikasi Lontong Kupang ini, ia meyakinkan akan mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya seperti buku nikah.

"Kalau melalui aplikasi Lontong Kupang tiga produk terlampaui, sekali jalan."pungkasnya.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait