Politika

PAN Temui PDI Perjuangan, Belum Putuskan Dukung Ganjar Pranowo

Portaltiga.com - Partai Amanat Nasional (PAN) belum memutuskan ikut mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 atau tidak, meski telah bertemu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarno Putri di kantor DPP PDI Perjuangan Jl Diponegoro, Menteng Jakarta Pusat, Jakarta, Jumat (2/6/2023) siang.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan setelah pertemuan tertutup mengatakan pertemuan dengan PDI Perjuangan akan ada lanjutannya. Nanti akan membahas sesuai mekanisme partainya terkait hasil pertemuan yang dilakukan hari itu.

Pria yang akrab di panggil Zulhas ini mengaku, pihaknya akan menggelar rapat internal untuk membahas hasil pertemuan tersebut.

“Sekali lagi, ini pertemuan pertama kami yang penuh persaudaraan, persahabatan, saling pengertian. Tapi ini kan pertemuan pertama, setelah ini sebagaimana tiap partai politik ada mekanismenya, tentu kami akan rapat, akan membahas. Nanti daerah-daerah kami undang bagaimana selanjutnya,” katanya.

Zulhas juga mengatakan dalam pertemua tidak ada pembahasan terkait Pilpres khususnya dukungan terhadap Ganjar Pranowo oleh PAN. Termasuk tidak ada pembahasan terkait Cawapres Ganjar.

“Tetapi walaupun gak dibahas tapi masing-masing memahami. Dan tadi Mbak Mega sudah menjelaskan persoalan Cawapres ini menjadi kewenangan PDI Perjuangan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyebut pertemuan elite parpolnya dengan PAN berjalan dengan suasana kebersamaan dan hangat. PAN menurut Megawati partai kedua yang diterimanya di kantor PDI Perjuangan.

"Partai Amanat Nasional merupakan partai kedua karena sebelumnya yang pertama datang dari PPP yang juga telah menyampaikan niat dan maksudnya dan dengan resmi PPP itu sudah bersama dengan PDI Perjuangan. Pertemuan ini sangat aktif dan penuh dengan kebersamaan," ujar Megawati.

Megawati kemudian mengaku banyak membahas beberapa isu kepada elite PAN, seperti PDI Perjuangan sudah membentuk dua tim untuk memenangkan Bacapres 2024 Ganjar Pranowo.

Baca Juga : Kepastian Pasangan Eri Cahyadi-Armuji di Pilkada Surabaya Tunggu Rakernas PDI Perjuangan

Kata Megawati, tim pertama bentukan PDIP untuk merancang pemenangan Ganjar dan dipimpin Puan Maharani. Kemudian, tim kedua ialah satuan yang diminta mengoordinasikan sukarelawan dan dipimpin Ahmad Basarah.

"Tadi kami juga telah menerangkan kepada beliau, di PDI Perjuangan sekarang telah dibentuk dua tim yang pertama maksud saya tim untuk pemenangan, pertama itu tim pemenangan adalah ketuanya Ibu Puan Maharani juga Ketua DPR, ada tim kecilnya yang telah ditunjuk," jelasnya.

"Lalu tim kedua, kami sebut tim kedua supaya tidak menjadi perkataan sendiri, jadi ini ada tim kedua yang dipimpin Pak Basarah, mengoordinasikan sukarelawan, Tadi mbak puan mengingatkan saya soal tim dua ini. Sebetulnya, saya juga mau menyampaikan," lanjut Megawati.

Megawati menuturkan tim kedua, tim untuk mengoordinasikan sukarelawan. Ini sengaja dibentuk agar semua pihak bisa taat aturan menyikapi Pemilu 2024.

Baca Juga : Mahfud Maju Bacabup Bangkalan demi Pengabdian Masyrakat

"Saya ini orang yang ikut aturan, karena kadang ada sebuah kesan sepertinya sukarelawan itu yang justru bekerja untuk memenangkan. Saya ingin mengoreksi, tolong kalau saya ngomong begini dimasukkan seperti apa adanya. Karena apa? Mereka, kan, sukarelawan, jadi, ya, sukarela. Nah, saya mencoba meluruskan, sistem kita itu, kita harus tahu, bahwa penyelenggara KPU, pesertanya parpol bukan pesertanya sukarelawan. Jadi ini sebuah hal. Bukan saya bicara maunya saya, tidak. Ini peraturan yang dijalankan oleh pemerintahan republik ini," jelas Megawati.

Terkait pertemuan ini, Megawati mengatakan
ke depan bakal ada pertemuan lanjutan antara elite dua parpol. Seperti perwakilan parpol PDI Perjuangan bertandang ke kantor DPP PAN.

"Hanya nanti setelah ini akan berkunjung ke kantor DPP PAN. Karena itu perintah saya, waktu yang PPP Mbak Puan, karena dekat, kan. Jadi Mbak Puan dan tim yang saya minta ke sana. Begitu juga nanti bersilaturahmi ke kantor DPP PAN," pungkas Megawati.

Dalam pertemuan yang dilakukan langsung Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Sekjen PAN Edi Soeparno bersama jajaran DPP PAN antara lain Bendahara Umum Totok Daryanto, tiga Waketum Asman Abnur, Viva Yoga Mauladi, Yandri Susanto, lalu Ketua DPP Desy Ratnasari dan Saleh P. Daulay, serta Eko Patrio, disambut Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Bambang Wuryanto serta Capres yang diusung PDIP Ganjar Pranowo.

Selain itu juga tampak jajaran DPP PDI Perjuangan seperti eks Sekjen PDIP Pramono Anung, Bendum Olly Dondokambey, serta sejumlah Ketua DPP yaitu Komarudin Watubun, Djarot Saiful Hidayat, Bambang Wuryanto, Yasonna H. Laoly, Sri Rahayu, Ahmad Basarah, dan dua Wasekjen yakni Utut Adianto dan Arif Wibowo.

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

Syaifuddin Zuhri Disebut Layak Pimpin PDIP Surabaya

Ada yang menarik saat buka bersama Partai Golkar Surbaya bersama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, Minggu (07/04/2024). Ini terjadi saat Wakil Ketua DPP Partai Golkar, Adies Kadir menyebut sosok kader PDI Perjuangan sekaligus anggota DPRD Kota Surabaya terp …