Umum

Jadwal Surabaya Vaganza 2023: Parade Bunga hingga Light Parade

Portaltiga.com - Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-730 di tahun 2023 kembali dimeriahkan dengan event Surabaya Vaganza. Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya mengemas event tersebut dengan konsep yang lebih menarik dan berbeda dari sebelumnya. Mulai dari Parade Bunga hingga Light Parade.

Tema Surabaya Vaganza 2023

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, Surabaya Vaganza tahun 2023 mengambil tema Puspawarni Indonesia.

Tema ini berarti beraneka ragam jenis bunga dan budaya Indonesia.

Jadwal Kegiatan

Agenda tahunan ini digelar pada Sabtu tanggal 27 Mei 2023 dengan terbagi ke dalam dua sesi.

Sesi pertama pada pukul 15.00 hingga18.00 WIB, yaitu Parade Bunga dan Budaya. Start dari Tugu Pahlawan dan finish di Alun-alun Balai Pemuda.

"Parade Bunga dan Budaya akan disemarakkan dengan 19 mobil hias. Selain itu pula Flower Parade juga disemarakkan dengan 17 komunitas budaya dan 2 drumband," kata Wiwiek Widayati, dikutip dari surabaya.go.id.

Baca Juga : Wali Kota Surabaya Sunmori Bareng Komunitas Vespa, Kenalkan Kota Lama

Setelah itu pukul 18.00-22.00 WIB, ada Light Parade. Start dari Jalan Tunjungan Siola dan finish di Balai Pemuda.

"Sedangkan untuk Light Parade atau Parade Lampu dan Lampion, akan disemarakkan dengan 15 mobil hias, 5 komunitas dan 2 drumband. Light Parade akan diramaikan dengan pawai 7 unit Mobil Pemadam Kebakaran (PMK) dan 50 pelajar Surabaya," imbuh dia.

Menurut Wiwiek, HJKS adalah momentum Hari Ulang Tahun Kota Surabaya yang dihuni oleh beragam elemen suku bangsa dan budaya di Indonesia.

Baca Juga : DPRD Dukung Langkah Pemkot Surabaya Ganti Kendaraan Dinas Dari Berbahan Bakar BBM Menjadi Listrik

"Karena momentum HJKS ini kita merayakan hari ulang tahun kota yang ditinggali semua elemen. Nah, siapa saja yang terlibat, ada hotel, pengusaha di Surabaya hingga komunitas sepeda. Termasuk juga komunitas budaya masyarakat Bali, Nias dan sebagainya," katanya.

Wiwiek juga menyatakan, bahwa Surabaya Vaganza juga menjadi salah satu upaya pemkot dalam rangka men-trigger atau memantik industri pariwisata di Kota Pahlawan. Mendorong industri pariwisata di Kota Surabaya ini bisa terus bergerak.

"Ini adalah bagian men-trigger industri pariwisata di Surabaya. Jadi kita tidak hanya sekadar bikin acara setelah itu selesai, tapi setelah itu bagaimana menjadi pemicu bahwa industri pariwisata bisa terus bergerak," jelasnya.

 

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

Puluhan Orang Demonstrasi di Kantor Pemkot, Ini Tuntutannya

Puluhan masa yang mengatasnamakan Masyarakat Peduli Keadilan, Kesejahteraan dan Transparansi (Mapekkat) mendatangi kantor Balai Kota Surabaya. Mereka mempertanyakan potongan gaji tenaga kerja OS (outsourcing) …