Politika

Megawati Resmi Umumkan PDI Perjuangan Usung Ganjar Pranowo Capres 2024

Portaltiga.com - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Soekarnoputri secara resmi mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024.

Pengumuman penunjukan ini Megawati sampaikan dalam konferensi pers secara daring yang dilaksanakan di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/04/24).

"Tepat jam 13.45 WIB, dengan mengucapkan bismillahirohmanirohim menetapkan saudara Ganjar Pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah sebagai kader dan petugas partai untuk dicalonkan Partai sebagai calon presiden Republik Indonesia dari PDI Perjuamgam di Pilpres 2024 mendatang," ujar Megawati Soekarnoputri.

Hal ini sesuai dengan keputusan amanah Kongres ke-5 PDI Perjuangan yang memberikan mandat penuh dan hak prerogatif untuk menentukan capres PDI Perjuangan 2024.

"Keputusan yang saya ambil ini tetap saya lakukan dengan dialog dan komunikasi dengam tokoh tokoh bangsa termasuk dengan jajaran DPP PDI Perjuangn, diantaranya Mbak Puan dan Mas Prananda Probowo. Termasuk pertemuan dan dialog dengan Presiden Jokowi," jelas Megawati.

"Saya gunakan akal budi dan pikiran serta mata hati saya untuk menentukan Capres 2024 mendatang dari PDI Perjuangan," lanjut Megawati.

Baca Juga : PDI Perjuangan Keluarkan Surat Tugas 11 Bacakada di Pilkada Jatim

Dengan keputusan ini kata Megawati dirinya meminta seluruh kader, simpatisan dan pengurus partai mulai pusat (DPP) sampai terbawah (Ranting), untuk bersama sama bergotong royong memenangkan Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan di Pilpres dan Pilleg 2024.

"Saya dengan ini juga keluarkan intruksi dan perintah harian tiga pilar, pengurus partai anggota Legislatif PDI Perjuangan (DPRRI, DPRD Propinsi dan DPR Kota Kabupaten) dan Bupati Walikota maupun wakilnya yang berasal dari PDI Perjuangan untuk segera bergerak memenangkan Ganjar Pranowo dan PDI Perjuangan di Pilpres dan Pilleg 2024," jelas Megawati.

Selain itu, Megawati juga menugaskan Prananda Prabowo selaku Kepala Situation Room di PDIP untuk melakukan monitoring terhadap kondisi politik nasional serta melakukan konsolidasi partai dan pemenangan untuk Pemilu 2024.

Baca Juga : Puan Berpakaian Serba Hitam Bacakan 17 Sikap Politik PDIP di Rakernas V, Petanda Apa?

Megawati juga memerintahkan Puan Maharani tugas baru dalam Pemilu 2024.

"Saya memberi mandat kepada Puan untuk membentuk tim untuk pemenangan Presiden dan legislatif Pemilu 2024," kata Megawati.

Turut hadir dalam pengumuman tersebut Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Ganjar Pranowo, Puan Maharani, Prananda Prabowo serta beberapa pengurus DPP PDI Perjuangan. (ars/abi)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait