Umum

DPRD Surabaya Inginkan Sekda Terpilih Dapat Miliki Chemistry Dengan Wali Kota

Portaltiga.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar seleksi terbuka pengisian jabatan pimpinan pratama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surabaya sejak beberapa waktu lalu. Sejauh ini ada tiga nama ASN Pemkot Surabaya yang sudah menjalani berbagai tahapan seleksi.

Ketiganya adalah Kepala Inspektorat Ikhsan, Kepala Badan Kepegawaiaan dan Pengembangan SDM Rachmad Basari, dan Kepala DSDABM Lilik Arijanto. Informasinya, siapa sekda tetrpilih akan diumumkan minggu depan.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya Arif Fathoni menyatakan pihaknya ingin sekda terpilih itu memiliki chemistry dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Alasannya, agar akselerasi pembangunan yang dilakukan langsung nyambung atau tidak terkendala.

“Karena antara wali kota dengan sekda definitif harus sudah satu frekuensi. Dia harus paham betul, bagaimana melayani warga Surabaya yang sangat heterogen ini,” katanya.

Di samping itu, menurut dia, dengan chesmitry yang sudah klop, sejumlah program pemkot nantinya juga bisa terlaksana dengan baik di 2023. Diterangkannya, masa jabatan wali kota Surabaya di periode ini adalah 3,5 tahun. Sebab, di tahun 2024 mendatang sudah Pemilukada.

Baca Juga : Komisi B Nilai Sidak Wali Kota Di KBS Sebagai Momentum untuk Perbaik Kinerja, Anas: Semoga PAD Parki

Maka ia menekankan, di masa periode yang singkat ini, sekda bisa langsung tune in dengan yang dikehendaki wali kota. “Sudah bisa langsung nyetel,” ujarnya.

Ia menerangkan tentunya Wali Kota Eri Cahyadi sudah paham dan mengenali para calon sekdanya. Karena itu, Arif Fathoni yakin Eri Cahyadi akan betul-betul selektif dan memilih dengan penuh pertimbangan.

Baca Juga : Pansus Tetapkan PDAM Akan Berubah Jadi Perumda, Bukan Perseroda

Salah satunya adalah faktor loyalitas pada pimpinan. “Saya kira loyalitas itu mutlak. Sekda harus loyal kepada wali kota,” lanjutnya.

Meski demikian, Arif Fathoni mengingatkan bahwa sekda harus memiliki kemampuan dan inovasi yang luar biasa untuk membangun Kota Pahlawan. Sebab ia menilai pembangunan yang dilakukan Eri Cahyadi akselerasi dan inovasinya sudah bagus.

Untuk itu, demi menunjang kinerja wali kota, sekda harus mumpuni di berbagai bidang. “Sehingga di tahun ini, rencana pembangunan yang sudah disepakati dengan DPRD bisa direalisasikan,” pungkasnya. (adv/tea)

Ikuti update berbagai berita pilihan dan terkini dari portaltiga.com di Google News.

Berita Terkait

Puluhan Orang Demonstrasi di Kantor Pemkot, Ini Tuntutannya

Puluhan masa yang mengatasnamakan Masyarakat Peduli Keadilan, Kesejahteraan dan Transparansi (Mapekkat) mendatangi kantor Balai Kota Surabaya. Mereka mempertanyakan potongan gaji tenaga kerja OS (outsourcing) …